Dubes Iran: Indonesia Tunjukkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dengan Nilai Pancasila

Duta Besar Republik Islam Iran untuk Republik Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Mohammad Azad. (Foto : Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Duta Besar Iran untuk , Timor Leste dan ASEAN, Mohammad Azad mengatakan, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia mampu menjalankan yang rahmatan lil ‘alamin dan moderat dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

“Indonesia mampu menunjukkan Islam rahmatan lil ‘alamin, Islam yang moderat dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila, yang hasilnya adalah toleransi dalam beragama dan juga kebersamaan,” katanya dalam kesempatan wawancara bersama MINA pada Kamis (24/9) di Jakarta.

“Indonesia juga yang menjadi catatan saya selalu dapat menyelesaikan berbagai isu dan permasalahan dengan cara yang damai,” tambahnya.

Azad mengatakan, hal itu menjadikan Indonesia dapat memainkan perannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan pertikaian di dunia Islam, seperti isu Palestina, Pakistan dan Muslim di Cina dan Myanmar.

Saat ini, menurut Azad, Indonesia tengah menghadapi isu yang lebih kompleks dari pada sebelumnya. Ia melihat, ada banyak pandangan mengenai Islam di Indonesia, tetapi semuanya tetap mengedepankan toleransi.

“Terkait ide Islam Wasathiyyah Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, bagi kami itu adalah Islam yang berarti rahmatan lil ‘alamin, Islam yang moderat. Dalam pandangan beliau ini permasalahan yang ada di masyarakat dapat dilihat secara keseluruhan,” kata Azad.

“Dengan pendekatan itu isu radikalisme dan ekstrimisme dapat diselesaikan dari akar permasalahannya, melalui berbagai pendekatan dan dimensi khususnya pendekatan pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan sosial dan lain sebagainya,” ujarnya. (L/R7/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.