Dubes Vincent: Uni Eropa Siap Perkuat Kerja Sama dengan Indonesia pada 2021

Jakarta, MINA – Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia pada 2021.

Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi media virtual yang membahas tentang kerja sama Indonesia-Uni Eropa sepanjang 2020 dan rencana di 2021.

Dalam kerja sama di bidang ekspor-impor, terutama dalam hal kelapa sawit, Piket menyebut adanya kenaikan volume ekspor ke Uni Eropa.

“Tidak kurang dari 27 persen dalam hal kenaikan ekspornya. Kalau kita bicara tentang volume masih perlu ditambahkan 10 persen lagi. Jadi, menurut saya ini adalah hal yang sangat sukses dari negara Indonesia dan sangat jelas ini adalah sebuah bukti,” ujarnya.

Selain itu, saat ini sudah terdapat sejumlah perizinan yang telah rampung. Pihak berwenang telah menyelesaikan perizinan yang sehubungan dengan sistem legalitas tentang hubungan tentang eksportir yang sudah dimiliki oleh perusahaan kecil dan menengah.

Sementara terkait agenda Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa juga menjadi prioritas utama.

“Di tahun 2021 tentunya kita akan melanjutkan perkembangan ini dan menjadikannya menjadi prioritas utama,” papar Piket.

Ia berharap CEPA bisa menjadi alat untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk menciptakan lapangan pekerjaan guna meningkatkan investasi langsung dari luar negeri, terutama Uni Eropa. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)