ERDOGAN SEBUT KEMENANGAN PARTAINYA PESAN BAGI “TERORIS”

presiden Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki (Foto: AA)

Ankara, 20 Muharram 1437/ 2 November 2015 (MINA) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, kemenangan Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) dalam pada Ahad (1/11) adalah respon rakyat Turki terhadap “teroris”.

“Pesan yang sangat penting telah diberikan, tidak diragukan lagi, kepada organisasi dan struktur teroris separatis,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan setelah partainya dipastikan meraih lebih 49 persen suara dari pemilu parlemen, merujuk Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang dicap sebagai organisasi teroris oleh pemerintah.

Menurut Erdogan, kemenangan partainya menunjukkan pemilih lebih memilih stabilitas setelah lima bulan adanya kekerasan yang dilakukan oleh kelompok terlarang PKK di Turki.

“Bangsa kita pada 1 November mengkomunikasikan secara jelas bahwa tekanan, ancaman dan pertumpahan darah, tidak dapat hidup berdampingan dengan demokrasi, kemauan nasional, hukum dan pembangunan,” katanya, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Hasil pemilihan umum yang diulang ini menunjukkan, AKP kembali berjaya setelah mereka dikalahkan pada pemilu Juni lalu.

AKP telah menguasai mayoritas kursi parlemen sejak 2002, namun mereka kehilangan banyak kursi pada pemilu lima bulan lalu. Adanya serangan pada salah satu partai pemilu Juni, membuat pemerintah mengadakan pemilu ulang pada 1 November ini.

Presiden mengatakan, hasil pemilu menunjukkan pemilih mendukung persatuan, solidaritas dan integritas negara.

“Rakyat kita menyatakan lebih suka dengan politik layanan, proyek dan visi, bukan salah satu dari eksploitasi dan polemik,” tambahnya. (T/hna/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.