Euro-Med: Kebijakan Israel Berdampak Permanen terhadap Gaza

, MINA – Pemantau Hak Asasi Manusia telah memperingatkan, tindakan yang menyebabkan kelaparan, dilakukan pendudukan Israel di Jalur Gaza akan mempunyai “dampak jangka panjang dan tidak dapat diubah dalam jangka waktu pendek.”

Palinfo melaporkan, Jum’at (9/2) Gaza sebagai “zona kelaparan potensial,” dan situasi pangan yang sangat buruk di wilayah kantong pantai wilayah utara Gaza.

Makalah ini terutama didasarkan pada laporan yang dikeluarkan oleh badan-badan internasional yang kompeten, terutama Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC).

Direktur divisi hukum di Euro-Med, Lima Bustami mengatakan, truk-truk bantuan yang masuk ke Gaza sesekali tidak memenuhi tingkat minimum kebutuhan dasar penduduk.

Bustami juga menyatakan, masyarakat “menghadapi kondisi yang tidak manusiawi, genosida, dan terputusnya pasokan listrik, air, dan bahan bakar.”

“Situasinya menjadi lebih rumit karena penduduk Jalur Gaza dikepung dari semua sisi, sehingga menghalangi mereka untuk memproduksi kebutuhan mereka secara lokal untuk bertahan hidup atau memperoleh makanan dari sumber lain,” kata pejabat Euro-Med. (T/ind/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.