Forum Investasi Saudi-Italia Sepakati 21 Perjanjian

Milan, MINA – Forum Investasi Saudi-Italia, yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Investasi Saudi dan Kementerian Perusahaan Italia dan Dibuat di Italia, menyaksikan penandatanganan 21 perjanjian dan nota kesepahaman (MoU) yang mencakup berbagai sektor.

Acara yang diselenggarakan di Milan ini menghadirkan para peserta ternama, termasuk Eng. Khalid Al-Falih, Menteri Investasi Saudi, dan Adolfo Urso, Menteri Perusahaan Italia dan Made in Italy. Saudi Gazette melaporkan, Selasa (5/9).

Pejabat dari kedua negara serta perwakilan dari sektor pemerintah dan swasta di kedua negara juga hadir.

Ke-21 perjanjian yang ditandatangani dalam forum tersebut mencakup sektor-sektor penting seperti energi, energi bersih, layanan kesehatan, real estat, pengelolaan limbah, teknologi, dan manufaktur.

Baca Juga:  Pemerintah Tunda Kewajiban Sertifikasi Halal UMKM Hingga 2026

Perjanjian-perjanjian ini merupakan langkah besar menuju peningkatan kerja sama komersial, mendorong pertumbuhan perdagangan, dan memperkuat hubungan investasi antara kedua negara.

Pada tahun 2022, nilai perdagangan bilateral non-minyak antara Arab Saudi dan Italia melonjak menjadi sekitar SR5,6 miliar (1,4 miliar Euro), menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar.

Italia secara konsisten berada di peringkat 20 negara teratas yang berinvestasi di Kerajaan Arab Saudi, dengan lebih dari 150 perusahaan Italia yang memiliki izin investasi asing di Arab Saudi, yang merupakan bukti kekuatan kemitraan ekonomi mereka. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)