Forum MABIMS ke-20 Digelar November 2023 di Singapura

Brunei, – Penyelenggaraan forum Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan (MABIMS) ke-20 akan digelar di Singapura pada November 2023.

Hal ini ditetapkan dalam kesepakatan bersama saat Musyawarah Tim Teknis Sekretariat MABIMS yang digelar di Brunei Darussalam selama empat hari, 10–13 Juli 2023.

Selain membahas persiapan penyelenggaraan forum , dibahas juga penyusunan Tafsir Ilmi Ayat-ayat Kauniyah.

Hadir mewakili Indonesia, Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muchlis M Hanafi dan Kabag Hubungan Kerja sama Luar Negeri yang juga Ketua Sekretariat MABIMS RI Khoirul Huda Basyir. Forum ini diikuti Setiap Usaha Tetap Kementerian Hal Ehwal Ugama Negara Brunai Darussalam, Mohammad Rosli Bin Haji Ibrahim; Ketua Bahagian Perhubungan Awam, Antarabangsa dan MABIMS, Kementerian Hal Ehwal Ugama, Negara Brunei Darussalam, yang juga Ketua Sekretariat MABIMS Brunei beserta delegasi dari Negara Brunei Darussalam, Haji Mohd Albi Bin Haji Ibrahim; Penolong Pengarah Kanan, Bahagian Dakwah, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Beserta delegasi dari Negara Malaysia, Puan Mastura Binti Mohamed Tahir; Penolong pengarah, Komunikasi Strategik, Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) Pegawai Sekretariat MABIMS Republik Singapura Beserta delegasi dari Republik Singapura, Tuan Ibrahim Sawifi.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Menurut Khoirul Huda Basyir, Musyawarah MABIMS ke-19 tahun lalu di Jakarta yang diselenggarakan secara virtual (karena pandemi), telah menyepakati bahwa pertemuan SOM ke-47 dan MABIMS ke-20 akan dihelat di Republik Singapura.

“Alhamdulillah saat ini telah disepakati waktunya, yaitu pada 12 – 17 November 2023 di Singapura,” terang Khoirul Huda di Brunei, Rabu (12/7).

Sebagai tindak lanjut persiapan, Khoirul Huda menjelaskan, Indonesia sebagai negara penghubung akan menggelar terlebih dahulu pertemuan Jawatankuasa Teknikal Sekretariat MABIMS pada Agustus 2023.

“Untuk kepastian waktu dan tempat akan disampaikan melalui surat resmi dari Kementerian Agama RI kepada negara-negara anggota MABIMS,” tegasnya.

Mewakili delegasi Indonesia, Khoirul Huda menegaskan bahwa musyawarah di Brunei Darussalam ini memiliki urgensi dan relevansi yang tinggi, bukan saja untuk kepentingan negara anggota MABIMS akan tetapi juga untuk kemaslahatan negara-negara Islam dan dunia internasional. Pertemuan ini, kata Khairul, menjadi bagian dari upaya turut serta merawat jagad dan membangun peradaban dengan penuh kedamaian melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang benar dan rahmatan lil’alamin.

“Tentunya, pertamuan ini juga menjadi upaya pengembangan potensi pemuda sebagai generasi penerus bangsa dan agama yang pada saatnya akan meneruskan estafet kepemimpinan dalam penyebaran dakwah Islam dan pembangunan bangsa demi terwujudnya tatanan masyararakat yang madani berkemajuan dan berperadaban, terlebih di tengah tantangan persoalan keremajaan yang semakin kompleks, seperti maraknya LGBT, peredaran Narkoba, pergaulan bebas dan kenakalan remaja,” tegasnya.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

“Negara-negara anggota MABIMS, kata Khairul, memiliki peran dan kontribusi besar, bukan saja bagi pengembangan dakwah Islam, akan tetapi juga bagi terwujudnya stabilitas dan keharmonian bangsa serta kerukunan antar umat beragama, baik di kawasan ASEAN maupun di kancah internasional,” tambahnya. (R/R5/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.