HAMAS HIMBAU HIZBULLAH – HAMAS BERSATU MELAWAN ISRAEL

Hamas menghimbau Hizbullah untuk bersatu  melawan Israel  (Foto: theyeshivaworld)
menghimbau Hizbullah untuk bersatu melawan (Foto: theyeshivaworld)

Gaza, 3 Rabi’ul Akhir 1436/24 Januari 2015 (MINA) – Sebuah dari Mohammad Daif, pemimpin sayap militer Hamas,  kepada kelompok Hizbullah Lebanon, menghimbau Hizbullah untuk bersatu dengan Hamas dalam memerangi rezim Israel.

Surat yang diposting di situs Hizbullah yang dikelola oleh Al Manar TV memberikan indikasi, Hamas Palestina dan Hizbullah sedang memperbaiki keretakan di antara kedua belah pihak atas

Hamas memusuhi Presiden Suriah Bashar Al Assad, sementara Hizbullah, yang didukung oleh Iran, telah berjuang melawan pemberontak yang berusaha menggulingkan Bashar Al Assad, Gulfnews dikutip Mi’raj Islam News Agency (MINA) Sabtu.

“Musuh kita sesungguhnya Zionis dan semua senjata harus diarahkan kepada mereka,” bunyi surat yang ditandatangani oleh Daif itu. “Semua kekuatan perlawanan harus mengarahkan pertempuran mereka sebagai satu kesatuan.”

Daif menjadi target pembunuhan oleh Israel dalam pemboman Israel pada perang Gaza musim panas lalu.

Surat pimpinan Hamas itu juga berisi pernyataan belasungkawa atas pembunuhan enam pejuang dalam serangan udara Israel pada hari Ahad lalu di dekat Dataran Golan, Suriah,  yaitu daerah yang diduduki Israel.

Pihak Israel mengatakan Daif berada di balik kematian puluhan warga Israel dalam pemboman bunuh diri. Israel telah mencoba untuk membunuh Daif beberapa kali, termasuk pada bulan Agustus selama perang Gaza 50-hari. Pemimpin bayangan yang kondisi kesehatannya tidak diketahui itu telah bersembunyi selama bertahun-tahun.

Hamas yang sedang dalam isolasi politik dan keuangan ingin memperbaiki hubungan dengan sekutu-sekutu lama dan memulihkan keadaan keuangan mereka yang sedang memburuk. Sebelumnya pada Desember lalu, pihak Hamas mengatakan telah memulihkan hubungan dengan Iran yang marah dengan sikap Hamas karena menentang Al Assad.

Teheran telah lama menjadi pemasok utama bantuan militer dan keuangan kepada kelompok Hamas. (T / P009/P2)

Mi’raj Islam News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0