Hari Al-Quds dan Kaitannya dengan Penjajahan Israel di Palestina

Seorang anak Kashmir di Srinagar, India, memegang plakat saat rapat umum memperingati Hari Al-Quds pada 14 April 2023 [Faisal Bashir/SOPA Images/LightRocket via Getty Images]

Pada hari Jumat (5/4), para pendukung di seluruh dunia memperingati “” di tengah serangan Israel terhadap Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Apa itu Hari Al-Quds?

Melansir Al-Jazeera, Hari Al-Quds adalah hari internasional tahunan untuk menyatakan dukungan terhadap Palestina dan menentang pendudukan Israel di wilayah Palestina. Demonstrasi besar diadakan, biasanya dimulai setelah shalat Jumat berjamaah.

Pemimpin tertinggi pertama , Ruhollah Khomeini, menetapkan Hari Al-Quds pada tahun 1979 tak lama setelah Revolusi Iran untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina dan menolak pendudukan Israel di Yerusalem Timur. Sejak itu, Hari Al-Quds menjadi simbol perlawanan.

Beberapa pengamat mengklaim acara tersebut diprakarsai oleh Iran untuk memajukan kepentingan politiknya dengan menggunakan proxy untuk melawan Israel dan negara-negara Barat.

Dalam pernyataannya pada Hari Al-Quds tahun ini, Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan acara tersebut “kini telah berubah menjadi simbol persatuan seluruh umat manusia.” Mereka juga mengecam Amerika Serikat dan negara-negara Barat karena memberikan dukungan kepada Israel dalam perangnya di Gaza.

Kapan Hari Al-Quds?

Ini diadakan setiap tahun pada hari Jumat terakhir bulan Ramadhan – tahun ini, tanggal jatuh pada 5 April 2024.

Dari manakah nama ‘Al-Quds’ berasal?

“Al-Quds” atau “Quds” adalah nama Arab untuk Yerusalem. Oleh karena itu, acara ini disebut juga “Hari Yerusalem.”

Dalam bahasa Arab, kata “Al-Quds” diterjemahkan menjadi “yang suci”.

Kota Yerusalem adalah kota suci bagi ketiga agama yakni, Kristen, Islam, dan Yudaisme. Masjid Al-Aqsa di Yerusalem juga merupakan masjid tersuci ketiga dalam Islam dan telah menjadi sasaran penggerebekan dan pembatasan akses oleh pasukan Israel selama bertahun-tahun, termasuk selama bulan Ramadhan yang sedang berlangsung.

Bagaimana masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Al-Quds?

Protes dan unjuk rasa massal yang damai diadakan di beberapa negara di dunia, khususnya di negara-negara yang komunitasnya sangat pro-Palestina.

Demonstrasi Hari Al-Quds terbesar kemungkinan akan diadakan di Pakistan, Iran, Irak, Lebanon, Yaman, Yordania, dan Tepi Barat yang diduduki, sementara demonstrasi juga dapat terjadi di negara-negara lain seperti India, Bahrain, Afrika Selatan dan Maroko, menurut Crisis24 , sebuah kelompok intelijen global.

Dalam beberapa tahun terakhir, ratusan orang juga berdemonstrasi di negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman dan Australia.

Pertemuan-pertemuan ini tidak terbatas pada umat Islam saja. Orang-orang dari agama lain, termasuk Yahudi dan Kristen, juga bergabung. Para peserta demonstrasi terkadang juga meneriakkan slogan-slogan anti-Israel dan anti-Amerika Serikat, sambil membakar dan menginjak-injak bendera Israel.

Tahun ini, pemakaman besar juga diadakan di Teheran untuk anggota Garda Revolusi Iran yang tewas akibat serangan Israel di Damaskus, Suriah baru-baru ini.

Iran juga menggunakan demonstrasi tersebut selama bertahun-tahun untuk menunjukkan kekuatan militernya. Pada tahun 2022, Korps Garda Revolusi Islam memamerkan beberapa jenis rudal yang dikembangkan secara lokal, termasuk rudal Khaibar Buster terbaru, di berbagai wilayah di Teheran.

Apakah ada risiko kekerasan atau kerusuhan selama protes Hari Al-Quds?

Di London, dimana protes damai Hari Al-Quds telah diadakan selama lebih dari 40 tahun, beberapa organisasi pro-Palestina telah menulis surat kepada Komisaris Polisi Metropolitan, mendesak mereka untuk menghentikan “taktik tangan besi” selama demonstrasi tahun ini.

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, banyak demonstrasi dan demonstrasi pro-Palestina telah terjadi. Namun, “Polisi Metropolitan telah menyalahgunakan kewenangan hukumnya untuk melecehkan pengunjuk rasa pro-Palestina,” demikian pernyataan dari Komisi Hak Asasi Manusia Islam (IHRC) di Inggris.

Pada tahun 2017, Walikota London, Sadiq Khan, meminta Menteri Dalam Negeri Amber Rudd untuk melarang pawai Hari Quds. Namun, dia menolak permintaan tersebut, dengan mengatakan bahwa masyarakat harus diizinkan untuk melakukan protes secara damai dan menunjukkan pandangan mereka “betapapun tidak nyamannya hal tersebut bagi sebagian besar dari kita.”

Pengunjuk rasa Hari Al-Quds sering kali menghadapi risiko kebrutalan polisi dan militer. Pada tahun 2009 dan 2014, angkatan bersenjata Nigeria melancarkan serangan mematikan pada demonstrasi Hari Al-Quds yang diadakan di kota utara Zaria, menurut IHRC.

Pada tahun 2009, ribuan demonstran di Iran menggunakan demonstrasi Hari Al-Quds untuk memprotes kemenangan pemilu Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang disengketakan. Di beberapa kota, polisi berdiri di sela-sela kegiatan ini. Di negara lain, seperti Shiraz dan Teheran, ada laporan penangkapan dan penembakan gas air mata ke arah massa.

Pada tahun 2010, Tehreek-e-Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri selama prosesi Hari Al-Quds yang dilakukan Muslim Syiah. Serangan di kota Quetta, Pakistan, menewaskan sedikitnya 65 orang dan melukai lebih dari 100 orang. Muslim Syiah sering menjadi sasaran perselisihan sektarian di Pakistan di mana Muslim Sunni merupakan mayoritas. (AT/Ai/RI-1)

Sumber: Al Jazeera

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.