Indonesia Inisiasi ‘Emergency item Resolution’ dalam Krisis Gaza

Seorang warga Gaza Palestina duduk direruntuhan rumahnya yang hancur oleh serangan udara Israel selama perang Oktober 2023. (Foto: GDD)

Jakarta, MINA – Agresi militer Israel mengorbankan banyak pihak termasuk pihak-pihak tidak berdosa, anak-anak, perempuan di Palestina. Terkait hal itu, Indonesia menginisiasi ‘emergency item resolution‘ dalam penyelesaian permasalahan di yang menyangkut tentang permasalahan kemanusiaan.

Atas inisiasi tersebut, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana dalam dalam keterangan tertulisnya yang dilaporkan Parlementaria, Rabu (25/10) mengungkapkan Indonesia dalam pertemuan Se-Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) memperoleh apresiasi atas ‘emergency item resolution‘ tersebut.

“Kita mendapat dukungan besar dari berbagai negara. Tentu kita harus kawal bersama karena isu emergency item ini disokong banyak negara, karena memang begitu urgent-nya kondisi di Gaza selama ini. Karena memang kondisinya, Israel melakukan penyerangan secara membabi-buta kepada masyarakat Palestina yang dalam kondisi tidak berdosa menjadi korban,” ujarnya.

“Tentu, kita harus segera temukan solusi untuk perdamaian. Dan nantinya justru solusi yang terpenting adalah bagaiman two state solutions, bagaimana terbentuknya negara Palestina yang merdeka juga hidup berdampingan dengan tetangga negara-negara tersebut,” lanjut Putu yang juga Anggota Komisi I DPR RI tersebut menegaskan.

Di samping itu, Politisi Fraksi Partai Demokrat itu menyampaikan Parlemen Indonesia selalu memberikan dukungan kepada APA untuk melakukan penekanan good governance kembali pengelolaan majelis ini untuk keberlangsungan organisasi itu sendiri.

“Disamping juga kita sampaikan dukungan kita untuk bagaimana kontribusi anggaran atau kontribusi dana untuk bisa memperkuat organisasi APA ini dan engagement APA harus dengan berbagai organisasi internasional yang tentu mewakili kawasan Asia secara lebih menyeluruh dan komprehensif,” pungkas Putu.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.