Ini Enam Amalan yang Dianjurkan Nabi SAW Saat Shalat Idul Fitri

Ilustrasi

Hari raya adalah saat yang ditunggu-tunggu umat Islam di dunia, setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Pada hari Idul Fitri ternyata ada beberapa yang oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW).

Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk merayakan hari Idul Fitri beserta dalilnya, yang dapat dihimpun MinaNews.net dari beberapa sumber:

Mandi sebelum shalat Id

Mandi ini disunnahkan, sebagaimana disebutkan dari sahabat Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, seseorang pernah bertanya padanya mengenai mandi. Ali menjawab, โ€œMandilah setiap hari jika kamu mau.โ€ Orang tadi berkata, โ€œBukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?โ€ โ€˜Ali menjawab, โ€œMandi pada hari Jumโ€™at, hari โ€˜Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.โ€ (HR. Al-Baihaqi).

Ada riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma sebagai berikut.

ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ุฏููˆูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ูŽู‰

Dari Nafiโ€™, (ia berkata bahwa) Abdullah bin Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang. (HR Malik)

Dianjurkan karena saat itu adalah berkumpulnya orang banyak sama halnya dengan shalat Jumat. Kalau shalat Jumat dianjurkan mandi, maka shalat Id pun sama.

Mengenakan pakaian yang terbaik

Ada riwayat dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฌูุจู‘ูŽุฉูŒ ูŠูŽู„ู’ุจูŽุณูู‡ูŽุง ู„ูู„ู’ุนููŠู’ุฏูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฌูู…ูุนูŽุฉู

โ€œNabi shallallahu alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fithri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jumโ€™at.โ€ (HR Ibnu Khuzaimah)

Perlu diketahui anjuran berpenampilan menawan di hari Id berlaku bagi pria. Adapun bagi wanita, lebih aman baginya untuk tidak menampakkan kecantikannya di hadapan laki-laki lain. Kecantikan wanita hanya spesial untuk suami.

Makan sebelum shalat Idul Fitri

Dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู„ุงูŽ ูŠูŽุบู’ุฏููˆ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุฃูŽุถู’ุญูŽู‰ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฑู’ุฌูุนูŽ ููŽูŠูŽุฃู’ูƒูู„ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูุถู’ุญููŠูŽู‘ุชูู‡ู

โ€œRasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shalat id pada hari Idul Fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat id baru beliau menyantap hasil kurbannya.โ€ (HR. Ahmad).

Untuk shalat Idul Fitri disunnahkan agar makan dahulu sebelum keluar rumah. Hal ini dikarenakan adanya larangan berpuasa pada hari tersebut dan sebagai pertanda pula, bahwa hari tersebut tidak lagi berpuasa.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู„ุง ูŠูŽุบู’ุฏููˆ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ูŽ ุชูŽู…ูŽุฑูŽุงุชู .. ูˆูŽูŠูŽุฃู’ูƒูู„ูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูุชู’ุฑู‹ุง

โ€œRasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat shalat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.โ€ (HR. Bukhari).

Mengumandangkan takbir dari rumah menuju tempat shalat

Ketika puasa Ramadhan telah sempurna, diperintahkan untuk mensyukurinya dengan memperbanyak takbir.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽู„ูุชููƒู’ู…ูู„ููˆุง ุงู„ู’ุนูุฏู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู„ูุชููƒูŽุจู‘ูุฑููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฏูŽุงูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุดู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ

โ€œDan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.โ€ (QS. Al Baqarah: 185).

Dalam suatu riwayat disebutkan,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ููุทู’ุฑู ููŽูŠููƒูŽุจู‘ูุฑู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽ ุงู„ู…ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ูˆูŽุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽู‚ู’ุถููŠูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉูŽ ููŽุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุถูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉูŽ ุ› ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุจููŠู’ุฑูŽ

โ€œNabi shallallahu alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari raya Idul Fithri sambil bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir.โ€ (HR Ibnu Abi Syaibah).

Menurut Ibnu Syihab Az-Zuhri, bahwa kaum muslimin ketika itu keluar dari rumah mereka sambil bertakbir hingga imam hmdatang untuk shalat Id.

Namun ada yang berpendapat, jika melihat dari keumuman ayat Surat Al-Baqarah ayat 185 yang menunjukkan perintah bertakbir itu dimulai sejak bulan Ramadhan sudah berakhir, berarti takbir Idul Fitri dimulai dari malam Idul Fitri hingga imam datang untuk shalat Id.

Takbir yang diucapkan cukup banyak dan beragam, salah satunya sebagaimana sahabat Ibnu Masud bertakbir,

ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ูˆูŽู„ู„ู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู

Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, segala puji bagi-Nya”.

Mengucapkan selamat dengan sesama Muslim

Amalan yang dianjurkan di hari Idul Fitri sela jutnya adalah saling memberikan tahniah atau ucapan selamat. Ucapan tahniah ini dalam bentuk doa seperti dengan ucapan โ€œtaqabbalallahu minna wa minkumโ€ (semoga Allah menerima amalan kami dan kalian).

Disebutkan dalam riwayat dari Jabir bin Nufair berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุงูู„ู’ุชูŽู‚ูŽูˆู’ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุนููŠุฏู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ู„ูุจูŽุนู’ุถู : ุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒ

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam berjumpa dengan hari Id (Idul Fithri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, โ€œTaqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).โ€ Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. (Fatkhul Bari, 2: 446)

Ucapan selamat di hari raya tidak aturan yang khusus, maka ucapan apa pun, selama maknanya tidak keliru dapat digunakan.

Melewati jalan berbeda saat berangkat dan pulang dari tempat shalat Id

Dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนููŠุฏู ุฎูŽุงู„ูŽููŽ ุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚ูŽ

“Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika berada di hari id (ingin pergi ke tempat shalat), beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang. (HR. Bukhari)

Adapun hikmah dari membedakan antara jalan pergi dan pulang adalah agar banyak bagian bumi yang menjadi saksi bagi kita ketika beramal. (L/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)ย 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.