PONPES AL-FATAH SAMARINDA BANJIR LUMPUR LAGI

Pesantren di Samarinda
Kondisi saat Banjir dan Beberapa santri  terlihat sedang membawa kulkas dari rumah warga untuk diselamatkan ketempat yang lebih tinggi. (Foto: Santri Shuffah Samarinda)
Kondisi saat Banjir dan Beberapa santri terlihat sedang membawa kulkas dari rumah warga untuk diselamatkan ketempat yang lebih tinggi. (Foto: Santri Shuffah )

Samarinda, 24 Muharram 1436/17 November 2014 (MINA)- Untuk kesekian kalinya, Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Al-Fatah Samarinda direndam , Kamis (27/11) sore.

“Ini banjir yang cukup besar, bahkan sampai masuk ke rumah beberapa ustadz setinggi lutut,” kata Kepala Seksi Ukhuwwah  Pondok Pesatren Shuffah Hizbullah Al-Fatah Samarinda, Ahmad Fauzi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurutnya, pihak pesantren sudah melakukan berbagai upaya guna mengatasi permasalahan banjir yang melanda lingkungan pesantren. Namun usaha yang telah dilakukan belum menemui hasil yang diharapkan.

“Kami sudah meminta bantuan ke pihak Pemerintah Kota Samarinda, berapa mediasi juga sudah dilakukan antara pihak pesantren dengan perusahaan tambang oleh Badan Lingkungan Hidup Samarinda, bahkan Wali Kota Samarinda pernah menghadiri tabligh akbar yang kami lakukan dengan membawa  kepala BLH dan berpesan agar jangan sampai terjadi banjir lagi di pesantren, tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya”, ujarnya.

Menurut pria yang pernah turut membangun Rumah sakit Indonesia di Gaza, Palestina ini, pihak tambang pernah menemui pimpinan pesantren dan meminta maaf atas dampak negatif penambangan yang terjadi pada pesantren, tapi setelah itu tidak ada tanggung jawabnya.

Di sebelah utara pondok pesantren, katanya,  terdapat daerah bekas tambang batubara yang sudah tidak terurus lagi dan dibiarkan begitu saja tanpa reboisasi, bahkan beberapa waktu  lalu terjadi lagi penambangan liar yang menjorok ke tanah warga sampai dibawakan parang oleh pemiliknya untuk berhenti menambang.

Dari pantauan MINA, ketinggian air bercampur lumpur  mencapai paha orang dewasa, aliran air yang sangat deras itu pun memasuki beberapa rumah yang sebagian besar masih terbuat dari kayu di lingkungan pesantren, sehingga seisi rumah menjadi basah akibat banjir besar tersebut.

Beberapa santri Pondok Pesantren Shufah Hizbullah Al-Fatah Samarinda keluar dari asrama untuk membantu warga yang tinggal di lingkungan pesantren. Beberapa diantara mereka terlihat sedang membawa kulkas dari rumah warga untuk diselamatkan ke tempat yang lebih tinggi.

Menurut Muadz, santri yang juga mahasiswa Kehutanan Universitas Mulawarman, banjir di Samarinda semakin parah akibat daerah pusat kota tak memiliki sarana pengendali banjir seperti volder, waduk dan daerah resapan air ditambah pengupasan top soil yang terjadi secara besar-besaran. Kondisi ini diperparah dengan buruknya sistem drainase yang tak bisa menampung limpahan air hujan.

“Hujan sebentar saja, Samarinda sudah banjir. Pemerintah mestinya cepat tangani bencana banjir,” ujarnya.

Pondok Pesantren yang pernah didatangi Danrem 091 ASN, Walikota, Wakil Walikota Samarinda, Dandim 0901/Smd kondisinya saat ini memprihatinkan dibanding empat tahun sebelumnya.

“Sebelum tahun 2010 kami tidak pernah kebanjiran walaupun hujan sangat deras, tapi semenjak dibukanya tambang, yang hanya berjarak sekitar 900 meter di sebelah utara pesantren, hujan sedikit saja langsung banjir bercampur lumpur,” kata Fauzi.

Dia berharap pemerintah kota dapat mengambil langkah strategis secepatnya sehingga kegiatan kajian keislaman di pesantren tidak terganggu. “Kami berdo’a mudah-mudahan Pak Ja’ang dan Pak Nusyirwan diberikan kekuatan untuk mengayomi rakyatnya, sehingga beliau akan mudah mempertanggungjawabkan amanah kepeminpinan ini di hadapan Allah SWT,” ujarnya. (L/P010/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0