Iran Bersumpah Dukung Suriah Lawan Israel

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. (AA)

Damaskus, MINA – Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian yang tiba di Suriah pada Sabtu (2/7), mengadakan serangkaian pertemuan dengan pejabat-pejabat  tinggi Suriah yang berfokus pada masalah bilateral dan regional.

Diskusi antara Amir-Abdollahian, timpalannya dari Suriah Faisal Mekdad dan Presiden Bashar al-Assad berpusat pada musuh regional bersama mereka, yaitu Israel. Anadolu Agency melaporkan.

Amir-Abdollahian dan Mekdad dalam jumpa pers bersama setelah pertemuan, menegaskan kembali tekad Teheran dan Damaskus untuk “menanggapi ancaman dan agresi Israel.”

Diplomat tinggi Iran itu mengatakan, Suriah telah “di garis depan” perang melawan Israel. Ia bersumpah bahwa dukungan negaranya kepada pemerintah Suriah tak tergoyahkan.

Kunjungan Amir-Abdollahian ke Damaskus terjadi beberapa jam setelah pemerintah Assad mengklaim, serangan udara Israel telah menargetkan kota Al-Hamidiyah di selatan kota pelabuhan Tartus, melukai dua warga sipil.

Israel diduga melakukan serangkaian serangan rudal ke Suriah dalam beberapa bulan terakhir, termasuk yang merusak infrastruktur, seperti landasan pacu di bandara Damaskus bulan lalu.

Pejabat Israel telah membela operasi militer di Suriah sebagai cara untuk mencegah Iran mendapatkan pijakan di negara Arab tersebut. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.