ISRAEL MINTA AS BANTU RATUSAN JUTA DOLAR

Iron Dome Israel yang didapat dari dana bantuan AS. Foto: Getty Images
Iron Dome yang didapat dari . Foto: Getty Images

Gaza, 26 Ramadhan 1435/24 Juli 2014 (MINA) – Israel meminta bantuan tambahan kepada Amerika Serikat  sebesar 225 juta dolar AS (sekitar Rp250 triliun) untuk penambahan sistem penangkal  roket (Iron Dome) dan bagian-bagiannya menyusul serangan massif terbaru mereka ke Jalur Gaza sejak 6 Juli 2014.

Jika disetujui,  dana tambahan akan menambah total bantuan Iron Dome AS untuk Israel menjadi setengah triliun dolar AS dalam pertengahan tahun ini saja, harian Israel haaretz yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Dalam sebuah surat kepada para pemimpin Kongres pada Rabu, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel menulis Departemen Pertahanannya “telah meninjau dan mendukung permintaan mendesak ini.”

Sumber-sumber pertahanan Israel mengatakan baru-baru ini  pihaknya memiliki cukup cadangan rudal penangkal yang ditembakkan dari sembilan baterai Iron Dome di selatan dan tengah wilayah yang dijajah Israel.

Walaupun begitu, Hagel mengatakan dalam suratnya ke kongres mengenai “kebutuhan kritis pertahanan rudal Israel  dalam  perang yang masih berlangsung melawan Gaza.”

“Sistem Iron Dome telah menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya di Israel sejak awal operasi di Gaza,”dalih Hagel.

Hagel lebih lanjut meminta agar alokasi darurat untuk Israel ini dikecualikan dari kesepakatan syarat dan kondisi Perjanjian Pengadaan Iron Dome AS-Israel,  dengan meyakinkan bahwa Israel akan terus mengembangkan co-produksi komponen lron Dome di AS

“Atas nama Pemerintah, saya meminta dukungan Anda untuk memenuhi kebutuhan kritis pertahanan rudal Israel dalam konflik yang sedang berlangsung dengan Gaza,” tulis Hagel.

Sebelumnya, pada perang 2012 dengan para pejuang Palestina,  Israel juga meminta dana bantuan tambahan kepada Amerika Serikat sebesar 700 juta Dolar AS (7 triliun rupiah)  yang dialokasikan untuk memperbanyak sistem penangkal rudal (Iron Dome), sistem pertahanan  rudal Magic Wand dan baterai Iron Dome.

Iron Dome dirancang untuk mencegat roket yang ditembakkan dengan ketinggian rendah, sementara Magic Wand  menghalau rudal yang ditembakkan dari  jarak lebih tinggi, mulai dari 70 km, termasuk rudal jelajah dan rudal balistik dengan hulu ledak seperti Squd, Shihab dan Sejil.(T/P03/EO2)

;

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0