ISRAEL SERANG AL AQSA, PALESTINA DESAK LIGA ARAB BERTINDAK

Ilustrasi bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsha antara pasukan Israel dengan Muslim Palestina. (REUTERS/Ammar Awad )
Ilustrasi bentrokan di kompleks Masjid antara pasukan dengan Muslim Palestina. (REUTERS/Ammar Awad )

Jalur Gaza, 29 Dzulqa’dah 1436/13 September 2015 (MINA) – Ratusan warga Palestina mengadakan demonstrasi di Jalur Gaza, Palestina, mendesak Liga Arab mengambil tindakan terhadap serangan terbaru rezim Israel di kompleks Masjid Al-Aqsha.

Dalam sebuah pidato, Ahad (13/9), pejabat Mushir al-Masri, mengutuk rezim Israel yang menyerbu situs suci ketiga umat Islam di Al-Quds (Yerusalem) Timur.

Ia juga mendesak Otoritas Palestina untuk mengekspresikan dukungan terhadap masjid suci dan mengakhiri kerjasama keamanan dengan Israel.

Muslim Palestina di Al-Quds juga turun ke jalan mengutuk serangan terbaru Israel di Masjid Al-Aqsha, Press TV melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kelompok-kelompok perlawanan Palestina dalam sebuah pernyataan bersama juga telah menyerukan protes mengutuk serangan itu.

Ahad pagi, pasukan Yahudi bersama Menteri Pertanian Israel menyerbu tempat suci dan bentrok dengan warga Palestina di dalamnya.

Menurut saksi warga Palestina, pasukan Israel memasuki masjid dan membuat kerusakan.

Bentrokan pecah satu jam sebelum Rosh Hashanah (Tahun Baru Yahudi). Rezim Israel biasanya menerapkan pembatasan terhadap jamaah Muslim memasuki Masjid Al-Aqsa pada hari-hari pertama Rosh Hashanah.

Pemerintah Palestina mengatakan, rezim Israel berencana mengubah status quo Al-Quds menjadi kota Yahudi.

Masjid Al-Aqsa terletak di Kota Tua yang diduduki Israel dan merupakan masjid suci ketiga umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0