Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33.(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, – Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah Internasional 2022 yang akan berlangsung pada Kamis-Sabtu, 10-12 November 2022 di Fairmont Hotel, Senayan.

Perhelatan ini adalah hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), dengan International Publishers Association (IPA), Ikatan Penerbit Indonesia (), Komiter Jakarta Kota Buku, dan Jakarta Experience Board (JXB).

Kongres ini akan diisi dengan seminar yang mengangkat isu-isu dan informasi terbaru seputar industri penerbitan dan perbukuan.

Kongres ke-33 IPA ini adalah kongres yang untuk kali pertama diadakan di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/11), menuturkan, penunjukan Jakarta sebagai tuan rumah Kongres Penerbit internasional ke-33 merupakan hal yang patut dirayakan sebagai hasil kerja sama masyarakat, pelaku, dan Pemerintah Provinsl DKI Jakarta dalam mengembangkan industri buku dan literasi.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

“Oleh karena itu, kongres ini menjadi upaya berkelanjutan Jakarta untuk menyelenggarakan lebih banyak kegiatan terkait buku dan penerbitan di dalam kota, antarkota, dan antarnegara,” ujarmya.

Hal ini berkaitan langsung dengan tema yang diangkat pada kongres tahun ini yaitu “Reading Matters, Embracing the Future” dan komitmen Jakarta setelah terpilih sebagai UNESCO City of Literature.

“Jakarta sebagai pusat dan titik awal industri penerbitan Indonesia berkomitmen untuk memastikan, buku memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Jakarta,” ucap Laura Prinsloo, Ketua Komite Jakarta Kota Buku dalam temu media, Rabu (9/11).

Kapabilitas Jakarta dengan luas wilayah 661,5 km’ sebagai kota besar modern yang mampu menyelenggarakan acara berkelas internasional memang tidak lagi perlu diragukan.

Sistem transportasi kota Jakarta dapat melayani 30.000.000 orang dan juga dinobatkan sebagai pemenang Sustainable Transport Award 2021.

Tidak hanya didukung dari infrastruktur dan transportasi yang memadai, Jakarta adalah tuan rumah salah satu pameran buku terbesar di ASEAN yaitu Indonesia International Book Fair (IIBF).

Baca Juga:  Profesor di Washington Masuk RS usai Dipukul Polisi saat Demo Pro-Palestina

IIBF merupakan acara internasional tahunan yang diselenggarakan oleh IKAPI, yang telah diselenggarakan sebanyak 41 kali, yang tahun ini diselenggarakan pada 9-13 November 2022, bersamaan dengan Kongres Penerbit Internasional ke-33.

Semua pihak terlibat siap menyambut tarmu lokal maupun internasional dalam perhelatan Kongres IPA ke-33. Antusiasme peserta begitu tinggi ditandai dengan kehadiran 661 peserta perwakilan penerbit dari 63 negara.

Menurut Ketua Umum IKAPI Pusat Arys Hilman Nugraha, dalam menghadap disrupsi teknologi yang dipercepat oleh pandemi, industri buku tidak akan pernah sama lagi.

Dia menilai, perkembangan teknologi hingga kondisi kehidupan global pasca pandemi telah menghadirkan tantangan baru bagi industri ini.

“Selama kongres nanti akan dibahas isu pengembangan platform, hak cipta, peluang baru, hingga pendistribusian buku sehingga setiap pelaku yang bergelut langsung di lapangan serta para pembuat kebijakan lebih mengerti perkembangan industri buku dan penerbitan yang sedang dan akan berlangsung,” ujar Arys.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

Dia juga menyampaikan, keberhasilan kongres ini akan menjadi dedikasi Jakarta bagi Indonesia dan dunia untuk membangun kesejahteraan masyarakat baik lokal maupun global lewat buku.

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menambahkan event ini merupakan wujud nyata Jakarta Kota Kolaborasi di mana Pemprov DKI bermitra dengan masyarakat, penerbit, kelompok masyarakat, dan relawan literasi untuk mewujudkan misi tersebut.

Kolaborasi tersebut melalui program-program terkait buku yang dikelompokkan ke dalam empat pilar: memberdayakan komunitas buku, menggelar pertemuan para pemangku kepentingan, penguatan budaya dalam rangka bonus demografi, serta memperkuat ekosistem literasi dan konten.

“Jakarta sebagai Kota Global siap menjadi tuan rumah kongres penerbit internasional ke-33 dan bersama bahu membahu mendorong kemajuan industri buku dan penerbitan baik dalam skala lokal dan internasional,” pungkasnya.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.