JK: Dunia Butuh PBB yang Lebih Responsif, Bertanggungjawab dan Kredibel

New York, MINA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla  mengatakan, masyarakat yang damai, adil dan berkelanjutan, membutuhkan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang lebih responsif, bertanggungjawab dan kredibel.

Wapres JK saat menyampaikan hal itu dalam pidato pada sesi Sidang Majelis Umum PBB yang ke-73 di New York. Demikian keterangan tertulis wapresri.go.id yang dikutip MINA, Jumat (28/9).

“Kita di PBB harus menunjukkan kepemimpinan. Oleh sebab itu, reformasi PBB sangat diperlukan dan tujuannya jelas. Inilah sebabnya mengapa reformasi PBB tidak bisa dihindari. Kalau tidak, PBB akan usang dan tidak mampu menjawab kebutuhan dan tantangan hari ini dan esok,” ujarnya.

Wapres JK menjelaskan, PBB harus diposisikan dengan lebih baik untuk membantu-negara-negara yang menopang perdamaian dan mencapai Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Indonesia selalu siap untuk berkontribusi pada tujuan mulia ini demi kemanusiaan,” katanya.

Ia menegaskan, sebagai pemimpin global, muda dan tua, wanita dan pria, harus bekerja bersama untuk saling mendorong dalam mencapai tujuan dan sasaran PBB.

Wapres JK juga mengapresiasi tema Sidang Majelis Umum PBB kali ini. Secara tepat menangkap apa yang perlu dilakukan oleh komunitas bangsa dan komunitas pemimpin.

“Pesannya tegas dan jelas, untuk mengejar kedamaian, kesetaraan dan keberlanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan kepemimpinan global dan tanggung jawa bersama,” tambahnya.(R/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)