Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024

Jakarta, MINA – Joko Widodo () dan Ma’ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai dan Republik Indonesia. Dengan demikian, Jokowi-Ma’ruf secara resmi telah menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Pengucapan sumpah berlangsung pada sidang paripurna MPR RI yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo. di komplek parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10) sore. Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh Ma’ruf Amin.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, kemudian diilakukan hal serupa oleh Ma’ruf Amin. Wapres periode 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah tersebut.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Sukamta: Kondisi Tujuh Bulan Agresi Israel Tak Membuat Rakyat Palestina Menyerah

Kemudian Ma’ruf juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI.

Dengan ini, Jokowi-Ma’ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma’ruf ini dihadiri sejumlah pemimpin negara-negara sahabat, mulai Sultan hingga utusan. Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Hadir pula rival Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.