KABINET SETUJUI $5 MILYAR DOLLAR UNTUK RENCANA REHABILITASI GAZA

Runtuhan-Bangunan
Runtuhan-Bangunan
Runtuhan-Bangunan

Ramallah, 26 Dzulqa’dah 1435 H/ 21 September 2014 (MINA) – Kabinet baru-baru ini menyetujui rencana dana sebesar $5 milyar untuk rehabilitasi ekonomi dan rekonstruksi di Jalur , menyusul serangan secara intensif selama 50 hari, kata Wakil Perdana Menteri Muhammad Musthafa dalam sebuah pernyataan, Sabtu (20/9).

Dia mengatakan, kami akan berusaha mengumpulkan dana untuk mewujudkan visi kami guna membangun kembali Gaza selama konferensi negara-negara donor yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Kairo pada 12 Oktober mendatang. Ma’an melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (21/9).

Musthafa menegaskan, sekitar 18% dari rumah Gaza sebagian atau sepenuhnya hancur, rehabilitasi infrastruktur di Gaza akan menghabiskan biaya $1,9 milyar, sementara rekonstruksi dan rehabilitasi rumah akan dikenakan hampir satu milyar dollar.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

Dia memperkirakan, jumlah sebesar $ 700 juta diperlukan untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan kemanusiaan, sosial, kesehatan dan pendidikan serta bantuan lainnya kepada puluhan ribu warga Palestina yang kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian dan anggota keluarga mereka selama serangan Israel terbaru di Gaza.

Serangan tersebut menyebabkan jumlah orang miskin yang membutuhkan, pengungsi, penyandang cacat dan anak-anak terus meningkat.

Pemerintah Palestina diharapkan secepat mungkin untuk mengaktifkan kembali layanan pendidikan dan kesehatan dalam menanggapi kebutuhan mendesak para pengungsi dan berusaha untuk meningkatkan layanan ini untuk merespon kebutuhan lama dan muncul.

Sementara itu, $1,2 milyar dibutuhkan untuk mengaktifkan kembali perekonomian Gaza dan meningkatkan produktivitas.

“Revitalisasi ekonomi dan memacu produktivitas merupakan prioritas bagi Pemerintah. Program pemerintah bertujuan untuk mengalokasikan sekitar $ 1,2 juta untuk meningkatkan sektor ekonomi dan mengoperasikannya, menyediakan makanan, bahan pokok serta kesempatan kerja dan ikut serta dalam rekonstruksi Gaza, “kata Musthafa.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

The National Gaza Pemulihan Awal dan Rekonstruksi Rencana memperkirakan, Pemerintah memerlukan dana sekitar $ 200 juta untuk mendukung sektor pemerintahan, meningkatkan kapasitas operasional pemerintah dan lembaga pemerintah daerah untuk memastikan bahwa kebutuhan warga Palestina secara efektif terpenuhi.

Rencana ini disusun oleh sebuah komite dari 200 ahli yang mewakili 20 lembaga nasional, termasuk kementerian dan lembaga.

Dia mengatakan, rencana itu tiga kali lebih intensif daripada rencana Otoritas Palestina serupa pada tahun 2009 setelah Operasi Cast Lead.

Musthafa mencatat, pemerintah menyambut baik usulan baru PBB untuk memfasilitasi masuknya bahan bangunan ke Gaza untuk rekonstruksi, menggambarkan langkah ini sebagai ‘positif’. Namun demikian, ia menunjukkan bahwa ini hanyalah langkah pertama sebagai “tidak mungkin untuk membangun kembali Gaza tanpa benar-benar mengangkat blokade Israel.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

“Kami akan menyelesaikan pekerjaan kami, berusaha untuk membuka perlintasan perbatasan, memfasilitasi masuknya semua impor dan ekspor dan memungkinkan orang untuk bebas bergerak,”katanya.

Serangan terbaru Israel di Gaza, dijuluki Operasi Pilar Pertahanan, menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina dan lebih dari 11.000 lainnya terluka.

Menurut perhitungan PBB, selama agresi militer terhadap Gaza, pasukan Israel telah menghancurkan banyak rumah dan bangunan lainnya, lebih dari 100 ribu warga Palestina kehilangan tempat tinggal mereka.(T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0