Kampanye Trump untuk Larang Muslim Masuk AS, Khawatirkan Program Pengungsi

Mantan Presiden AS Donald Trump. (Foto file - Anadolu Agency)

Iowa, MINA – Mantan Presiden AS mengatakan, dia akan mengembalikan larangan Muslim, “bahkan lebih besar dari sebelumnya” jika dia terpilih kembali.

Trump membuat pernyataan saat berkampanye di Iowa untuk pemilihan pendahuluan presiden dari Partai Republik tahun 2024.

Pernyataan Trump dengan cepat meningkatkan kekhawatiran para pembela hak asasi manusia, yang akrab dengan dampak jangka panjang dari larangan sebelumnya, yang melarang Muslim dari beberapa negara masuk ke AS sebagai perintah eksekutif pada hari pertama Trump menjabat.

“Apa yang dilakukan Trump adalah dia benar-benar membongkar program pengungsi dan suaka,” kata Wa’el Alzayat, CEO kelompok advokasi Emgage Action, kepada The New Arab, Ahad (16/7),

“Mereka jelas menolak aplikasi, dan kemudian menciptakan backlog yang sangat besar. Sekarang, ada orang yang mendaftar ulang dan melamar untuk pertama kalinya. Butuh waktu untuk membangun kembali, memperbaharui dan sumber daya program. Ini menyebabkan penundaan besar, dengan beberapa orang menunggu selama bertahun-tahun,” kata Alzayat.

“Yang penting adalah kita sekarang sudah dua tahun dalam pemerintahan Biden, dan Trump masih mengancam untuk kembali ke larangan tersebut. Jika dia melakukannya, dia mungkin melakukan kerusakan permanen, dan dia dapat secara efektif menghancurkan program suaka dan pengungsi yang baik,” katanya.

Pada bulan Desember 2015, enam bulan setelah dia mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, Trump mengatakan bahwa jika dia terpilih sebagai presiden, dia menginginkan “penghentian total dan lengkap Muslim memasuki Amerika Serikat sampai perwakilan negara kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.” (T/RI-1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.