Kampung Silat Jampang Gelar Festival Silat Jampang 8

, Bogor, MINA – Kampung Jampang Zona Madina Dompet Dhuafa menggelar event tahunan Festival Silat Jampang 8 yang bertajuk “Silat sebagai wadah pengembangan diri dalam upaya membangun jati diri bangsa” bertempat di desa pemberdayaan Zona Madinah, Parung, Bogor, Ahad (22/12).

Segi Juniar Dhani selaku koordinator silat Kampung Silat Jampang mengungkapkan acara ini kami buat untuk mengembangkan dan melestarikan pencak silat di Indonesia sekaligus ajang silaturahim antar perguruan Se-Jabodetabek.

Sebanyak 320 pesilat muda dari 22 padepokan dan dewan guru hadir dalam acara ini. Juga hadir Ust Ahmad Sonhaji (Direktur Budaya Dakwah dan Layanan Masyarakat Dompet Dhuafa) Ketua Kampung Silat Jampang Ust Herman Budianto,M.Si, Drg.Imam Rulyawan (Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa ), Padaswara Sulanjaya (Tokoh Silat Perguruan Sera Bogor), Wawan Hermawan (Kepala Desa Jampang) dan aparatur pemerintah Kecamatan Kemang.

Festival Silat Jampang 8 digelar di Pangung Budaya Kampung Silat Jampang yang berada di Kawasan Zona Madina Kemang, Kabupaten Bogor.

“Alhamduliah silat sudah diresmikan oleh UNESCO pada tanggal 12 Desember 2019 silat sebagai budaya Indonesia, mari kita lestarikan dan sebarluaskan silat keseluruh Indonesia sebagai warisan budaya Indonesia dengan event festival silat jampang 8 kita salurkan bakat ke anak-anak milenial,” kata Herman Budianto, M.Si selaku Ketua Kampung Silat Jampang Zona Madina.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Direktur Exsekutif Dompet Dhuafa Drg.Imam Rulyawan dengan memukul gong sebanyak tiga kali.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim acara festival silat jampang 8 kampung silat jampang dibuka ,selamat bertanding para pesilat,“ kata Imam Rulyawan.

Pada gelaran Festival Silat Jampang 8, para pesilat menunjukan bakat silatnya yang terbagi dalam beberapa kategori, seperti anak-anak ,remaja dan dewasa yang dinilai oleh wasit juri.

Di tahun 2016, Zona Madina melakukan berbagai gebrakan. Salah satunya adalah dengan menambah jumlah program dan memberdayakan kurang lebih 17 desa di sekitar Jampang.

Dengan menjadikan Masjid Al-Madinah di kawasan ini sebagai pusat kegiatan, Zona Madina Dompet Dhuafa terus berusaha mewujudkan kawasan Kampung Jampang yang berdaya. (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.