Kantor Kesehatan Haji di Makkah Siap Layani Jamaah

Makkah, MINA – Kloter I Calon Jamaah Haji Indonesia dari embarkasi Surabaya, tiba di Makkah Al-Mukarramah pada Sabtu (13/7).,

Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Makkah memastikan sudah siap memberikan layanan kesehatan untuk seluruh jamaah tahun ini.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah Muhammad Imran, musim haji tahun ini KKHI menyediakan berbagai layanan kesehatan untuk jamaah haji Indonesia.

“Semua persiapan telah dilakukan, termasuk untuk obat-obatan, dokter, dan fasilitas kesehatan lain,” kata Imran di Kantor KKHI Makkah, demikian dikutip dari Kementerian Agama.

Sebanyak 50,8 ton obat-obatan telah tersedia. KKHI Makkah juga dibantu oleh 105 tenaga paramedis yang meliputi dokter, suster, apoteker, petugas laboratorium dan lainnya. Semuanya telah siap melayani jemaah sakit.

“KKHI Makkah berkapasitas  total sebanyak 257 unit tempat tidur,” jelas Imran.

Untuk layanan, KKHI Makkah dilengkapi fasilitas IGD, ruang observasi, ruang rawat inap, ICU, laboratorium, hingga ruang rawat jiwa. Ada juga layanan terapi terbaru, salah satunya metode penyembuhan luka yang lebih cepat untuk pasien diabetes mellitus.

Gedung KKHI terdiri dari lima lantai. Lantai dasar untuk ruang IGD yang dilengkapi dengan 24 tempat tidur, alat bantuan dasar medis, lifesaving, stimulator detak jantung (defibrillator), dan ruang dokter jaga.

Berseberangan dengan ruang IGD terdapat ruang observasi dengan sejumlah tempat tidur. Selain itu, ada juga apotek, laboratorium, dan depo obat-obatan.

Ada pula ruang ICU yang terdiri dari 10 tempat tidur. Di lantai 5 tersedia layanan psikiatrik kejiwaan dengan tiga dokter spesialis kejiwaan dan perawat jiwa berpengalaman. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)