KBRI Oslo Dorong Norwegia Usut Pembakar Al-Quran

Oslo, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo mendorong pemerintah Norwegia mengusut insiden pembakaran Al-Quran oleh kelompok Stopp Islamiseringen Av Norge/Stop Islamisasi.

KBRI Oslo berharap merebaknya Islamofobia segera dapat dihilangkan.

“Kami mendorong kepada Pemerintah Norwegia, untuk dapat mengusut insiden tersebut dan memberikan keadilan untuk semua pihak. Kami juga berharap agar merebaknya Islamophobia bisa dihilangkan, karena kebebasan beragama adalah hak asasi yang dimiliki semua warga,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Todung Mulya Lubis, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/11).

Todung mengatakan, pihaknya merasa prihatin atas kejadian tersebut. Menurutnya, hal ini dapat melukai perasaan masyarakat muslim dan berpotensi menimbulkan konflik.

“Kami sangat prihatin atas insiden tersebut, pembakaran Al-Quran sangat melukai perasaan masyarakat Muslim tidak hanya di Norwegia tetapi juga di seluruh dunia. Hal tersebut juga berpotensi menimbulkan konflik dan mencederai nilai-nilai perdamaian, yang berdasarkan toleransi dan kebebasan beragama,” tuturnya.

Baca Juga:  Mahasiswa VUB Belgia Tuntut Boikot Akademis terhadap Israel

Disebutkan, sebagai upaya menjaga perdamaian dan toleransi antar umat beragama, KBRI Olso telah melaksanakan kegiatan yang melibatkan pemangku kepentingan di Norwegia. Selain itu, kegiatan berupa dialog lintas agama dan dialog HAM juga telah diselenggarakan pada Oktober dan November 2019.

WNI yang berada di Norwegia, diminta untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi, serta mengikuti imbauan yang diberikan oleh aparat setempat. Selain itu para WNI juga diminta, untuk selalu membawa identitas diri pada saat bepergian.

Insiden pembakaran Al-Quran tersebut terjadi pada 16 November 2019 saat aksi demonstrasi anti-Islam di Norwegia, setelah seorang pemimpin sayap kanan ekstrem, Lars Thorsen, mencoba menodai salinan kitab suci di Kristiansand.

Baca Juga:  Mahasiswa VUB Belgia Tuntut Boikot Akademis terhadap Israel

Video ini viral di media sosial. Aksi ini membuat salah seorang pemuda melompati pagar dan menendang orang yang melakukan pembakaran Al-Qur’an. (T/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan