Kemenag Apresiasi Masjid Istiqlal Terima Sertifikat Konsep Bangunan Hijau

Jakarta, Bimas Islam – Sekretaris Ditjen () Bimas Islam , M. Fuad Nasar mengapresiasi penghargaan sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC) kepada .

“Saya mengucapkan selamat dan bangga Masjid Istiqlal sebagai rumah ibadah pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat pengakuan EDGE atas penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau (green building) dalam rangka penghematan energi dan keberlanjutan lingkungan,” kata Fuad di Jakarta, Senin (11/4).

“Renovasi fasad dan tampilan bangunan serta landscape Masjid Istiqlal telah menghadirkan kesan kontemporer semakin ramah lingkungan dan layak mendapatkan penghargaan EDGE,” lanjutnya.

Fuad mengatakan, masjid adalah bangunan sentral umat Islam dan simbol peradaban. Masjid memang harus mencerminkan keindahan Islam yang menginspirasi perkembangan ilmu pengetahuan dan karya cipta manusia.

Arsitektur dan disain masjid sebagai etalase Kebudayaan Islam di bidang teknik, menggambarkan fungsi ruang utama, mihrab, kubah, menara, tempat wudhu, ruang kantor hingga keserasian lingkungan memberi pesan agar umat Islam membangun masjid tidak asal-asalan, tetapi masjid yang fungsional dan ideal.

“Renovasi Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu tidak hanya dilihat sebagai respon terhadap upaya menanggulangi dampak perubahan iklim, tetapi juga sebagai contoh yang diharapkan mendorong penerapan praktik desain bangunan hijau di Indonesia dan di tempat lain,” ujarnya.

“Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen mendukung kelestarian lingkungan baik di kawasan Masjid Istiqlal sebagai masjid negara dan role model bagi masjid-masjid besar lainnya di Tanah Air. Pasca penghargaan EDGE tersebut pemeliharaan Masjid Istiqlal, baik pemeliharaan fisik maupun nonfisik, dalam jangka panjang tentu harus menjadi perhatian kita bersama,” katanya.

Sebagai informasi, EDGE merupakan standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi untuk membantu profesional dan para pelaku bangunan gedung dalam mewujudkan bangunan hijau dengan konsep ramah lingkungan yang terbukti menurunkan jejak karbon secara signifikan. (L/R2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.