Kongres Parlemen Brasil Adakan Sesi Khusus Palestina

Brasilia, MINA – Kongres menggelar sidang khusus tentang untuk mengungkapkan solidaritas mereka kepada rakyat Palestina melawan agresi berkelanjutan pendudukan .

Sidang pada Jumat (8/7) tersebut diadakan menyusul undangan sejumlah wakil yang mendukung masalah Palestina, seperti Camilo Capiberibe, Alexandre Padilha dan Márcio Jerry, dalam kemitraan dengan Lembaga Brasil-Palestina (IBRASPAL). Wafa melaporkan.

Sidang dihadiri sejumlah diplomat dari negara-negara Arab, Islam, dan Amerika Latin, antara lain Kuba, Nikaragua, Zimbabwe, Nigeria, Iran, Libya, Republik Dominika, Qatar, dan Belarusia.

Sidang dibuka dengan lagu kebangsaan Palestina, dilanjutkan dengan pidato Presiden Kongres, Arthur Lira.

“Brasil selalu berusaha bekerja sama dengan komunitas internasional untuk solusi damai dan negosiasi konflik Palestina-Israel,” kata Lira.

Baca Juga:  Ratusan Massa Gelar Aksi Solidaritas Palestina di Paris

Dia menekankan, hubungan internasional Brasil diatur oleh “kelaziman hak asasi manusia, penentuan nasib sendiri masyarakat, non-intervensi, pertahanan perdamaian, solusi damai konflik dan kerja sama”.

Lira juga mengingatkan, diplomasi Brasil selalu bekerja untuk solusi damai untuk masalah Palestina.

Sejak kebangkitan Partai Buruh Brasil pada tahun 2002 di bawah pemerintahan mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva, Brasil telah mengambil sikap yang seimbang terhadap konflik di Palestina yang diduduki.

Pada tahun 2010, Lula mengakui Palestina sebagai negara merdeka dalam perbatasan tahun 1967 dengan mayoritas negara bagian Amerika Selatan mengikutinya dalam tiga bulan pertama tahun 2011.

Dia mengambil banyak langkah yang mendukung Palestina, termasuk meningkatkan perwakilan diplomatik antara kedua negara dan mengalokasikan sebidang tanah di dekat istana kepresidenan Brasil untuk Kedutaan Besar Palestina. (T/RS2/P1)

Baca Juga:  Delegasi Hamas di Kairo Bahas Gencatan Senjata

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.