Korea Utara Apresiasi Peran Indonesia di Kancah Global

Jakarta, MINA – Korea Utara (Korut) mengapresiasi peran Indonesia di kancah global, terutama di Asia Tenggara, dan berharap agar keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 meraih kesuksesan, sama seperti Presidensi G20 2022.

“Indonesia memainkan peran penting dalam daya tarik global untuk mengembangkan ASEAN, terlebih untuk ASEAN Outlook on the Indo-Pacific,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Korut untuk kawasan Asia Pasifik, Pak Sang Gil, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Korut, Senin (6/3), seperti dikutip dari Infopublik.

“Keberhasilan G20 di tengah kepentingan kekuatan besar saling terkait adalah fakta bahwa Indonesia memegang posisi yang diakui secara internasional, serta netral dan tetap mempertahankan pandangan independen,” lanjut Park Sang G.

Baca Juga:  Teladan Imam Hanafi

Selain itu, Pak Sang Gil mengatakan bahwa posisi Indonesia tetap independen di tengah terjadinya ‘Perang Dingin baru’ di dunia internasional.

“Presiden Indonesia mengatakan bahwa ASEAN tidak boleh bertindak sebagai wakil bagi siapapun dan ASEAN tidak boleh dimonopoli oleh keketuaan khusus. Itu adalah posisi independen yang telah lama dipertahankan Indonesia di tengah konfrontasi serius dan Perang Dingin baru,” ujar Pak Sang Gil.

Pak Sang Gil juga menyinggung soal Semenanjung Korea. Ia menyebut bahwa stabilitas kawasan tak dapat dipisahkan dari perdamaian dan kemakmuran wilayah Asia Tenggara.

“Kami sedang mengembangkan kerja sama dengan ASEAN di beberapa bidang tahun ini. Kami juga bersedia bekerja sama dengan Indonesia, ketua ASEAN, untuk tujuan itu,” tuturnya.

Baca Juga:  Kemenparekraf Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas

Keketuaan Indonesia ASEAN 2023 mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.

Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan kolaborasi. ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP), merupakan prakarsa Indonesia, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada bulan Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog dan kerja sama. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi