Malaysia Rayakan Maulid Rasul dengan Parade dan Sholawatan di Berbagai Tempat

(Foto: Twitter/LPP_Malaysia)

Kualu Lumpur, MINA – Umat Islam di berbagai tempat di pada Ahad (9/10) merayakan Maulid Rasul dengan dan acara ‘sholawat’ untuk mengenang pengorbanan Nabi Muhammad dalam menyebarkan Islam.

Dikutip dari Bernama, di Malaka, gerimis pagi tidak menyurutkan semangat lebih dari 5.000 peserta dari 118 kontingen yang mengikuti pawai sepanjang dua kilometer dari Stadion Tun Fatimah, Bukit Serindit menuju Melaka Islamic Center melalui Jalan Taman Bandaraya-Jalan Bukit Piatu-Jalan Bukit Baru.

Yang Dipertua Negeri Melaka Tun Mohd Ali Rustam, Ketua Menteri Datuk Seri Sulaiman Md Ali, Sekretaris Negara Datuk Zaidi Johari dan jajaran exco negara bagian juga bergabung dalam pawai.

Di Perak, Sultan Nazrin Syah mengatakan, warisan Nabi Muhammad harus disegarkan kembali dengan meremajakan gerakan pembangunan umat dengan melibatkan lebih banyak pemuda.

“Pemuda perlu dipercaya untuk menjadi yang terdepan, menyuntikkan dinamisme baru dan memainkan peran penting sebagai game changer,” kata Sultan Perak dalam acara Maulid Rasul tingkat negara di Bangunan Perak Darul Ridzuan di Ipoh.

Menurutnya, kehadiran remaja harus diakui dalam rangka melaksanakan program pengembangan masyarakat yang lebih kontemporer dan relevan dengan kebutuhan dan tantangan saat ini.

Dalam acara tersebut, Sultan Nazrin juga menyerahkan penghargaan kepada pengurus masjid, khatib, Keluarga Mithali, tokoh LSM dan praktisi media.

Di Pahang, sebanyak 33 tim yang terdiri dari berbagai departemen, instansi, dan sekolah mengikuti pawai dalam rangka perayaan Maulid Rasul yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB di Balai Jubilee Perak Sultan Haji Ahmad Shah Kuantan.

Kegiatan itu dibuka oleh Tengku Panglima Raja Kolonel Tengku Amir Nasser Ibrahim Shah Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Di Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah meluncurkan Akademi Literasi Al-Quran Negeri Selangor yang didirikan di bawah Departemen Agama Islam Selangor (JAIS), bertujuan memberikan penekanan serius menghasilkan umat Islam yang terampil dalam membaca, mengajari, mampu mengamalkan Al-Quran.

Di Terengganu, total 2.340 peserta dari 7/8 kontingen berjalan sejauh 3,4 km mulai dari Lapangan Kampung Tok Jiring hingga Kompleks Olahraga Terengganu di Gong Badak.

Sultan Terengganu Sultan Mizan Zainal Abidin, dan Sultan Terengganu Sultanah Nur Zahirah serta Yang Dipertuan Muda Terengganu Tengku Muhammad Ismail Sultan Mizan Zainal Abidin hadir dalam acara Maulid Rasul yang diadakan di Stadion Indoor Kompleks Olahraga Terengganu.

Dalam sambutannya, Sultan Mizan mengatakan, perayaan Maulid Rasul harus disambut oleh masyarakat sebagai pemacu semangat untuk bekerja lebih keras guna mencapai kesuksesan hidup berdasarkan ajaran Nabi Muhammad. (T/R6/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.