Memasuki Usia 50 Tahun, DMI Adakan Silaturahim

Jakarta, MINA – Dewan Masjid Indonesia () akan mengadakan silaturahim dengan perwakilan kedutaan besar negara-negara sahabat di Jakarta pada Rabu(22/6) mendatang.sebagai salah satu acara peringatan Hari Ulang Tahun HUT DMI ke-50.

Kegiatan silaturahim ini selain lebih memperkenalkan DMI, juga untuk membuka jalan meningkatkan kerjasama bagi kemakmuran masjid di seluruh dunia. Prioritas yang diundang adalah duta besar negara anggota OKI dan ASEAN di Jakarta. Demikian keterangan dari DMI, Senin (20/6).

Berdasarkan pandangan tersebut di atas, pelaksanaan Silaturahim dimaksudkan untuk; Pertama, Memperkenalkan DMI ke dunia internasional melalui para dutabesar negara-negara sahabat di Jakarta.

Kedua, Membuka jalan untuk meningkatkan kerjasama internasional di bidang kemasjidan dalam memakmurkan masjid di seluruh dunia.

Kegiatan silaturahim ini diadakan dalam rangka HUT DMI ke-50 jatuh pada 8 Juni 2022.

PP DMI mengundang sekitar 30 duta besar untuk menghadiri acara silaturahim ini, di mana  HM Jusuf Kalla Ketua Umum PP DMI akan menyampaikan pidato bertema “Peace Message from the Indonesian Mosques to the World”.

Selain itu Duta besar Oman untuk Indonesia sebagai “The Dean of the Diplomatic Corps of Islamic Countries” di Jakarta dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi sebagai wakil Khadimul Haramain akan memberikan sambutan.

Islam menganjurkan untuk “Ta’aruf (silaturahim) antarbangsa” sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hujurat ayat 13: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang pria dan wanita, dan menjadikan kamu bersuku bangsa supaya kamu saling ta’aruf (silaturahim).

Perintah Allah ini sudah dilakukan dengan pembentukan organisasi internasional dan regional sebagai forum “silaturahim”, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam dua tahun terakhir kita menyaksikan krisis kesehatan dan ekonomi global akibat pandemi COVID-19. Hampir semua pemerintah dan organisasi masyarakat (ormas) di seluruh dunia, termasuk ormas Islam sibuk terlibat dalam penanggulangan pandemi ini termasuk DMI.

Tahun ini Indonesia sebagai Presidensi G20 telah menetapkan 3 program pokok yaitu: Penanggulangan pandemi global (COVID-19), pengembangan ekonomi digital dan energi yang ramah terhadap lingkungan.

Presidensi Indonesia di G20 yang juga mengusung tema: “Recover Together, Recover Stronger”, mengindikasikan perlunya kerjasama semua pihak, termasuk ormas seperti DMI.

Di satu sisi dunia memerlukan kerjasama untuk menanggulangi krisis kesehatan, ekonomi dan lain-lain, namun di sisi lain kita masih menyaksikan tingginya konflik antarnegara dan kelompok masyarakat di seluruh dunia. Hal ini terlihat dari tingginya Islamophobia di seluruh dunia.

Untuk meredam konflik antarnegara dan kelompok masyarakat tersebut perlu dikembangkan silaturahim dalam upaya untuk meningkatkan saling pengertian dan pada gilirannya akan mempermudah upaya kerjasama di berbagai bidang, termasuk bidang keagamaan.

Dalam upaya untuk meningkatkan saling pengertian dan menghilangkan Islamophobia.

Acara silaturahim dengan para duta besar akan disiarkan Tawaf TV merupakan bagian rangkaian kegiatan milad DMI ke- yang puncaknya berlangsung pada 27 Juni di Gedung PP DMI di Jakarta. Menandai setengah abad miladnya, PP DMI akan memberikan DMI Awards.

Sebagai rangkaian miladnya PP DMI juga menyelenggarakan Lomba Adzan pada 17 Juni di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan akan mengadakan konferensi Masyarakat Masjid ASEAN di Jakarta pada 20 Juli. (A/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.