Menlu RI-Menlu Yordania: Palestina adalah Prioritas Utama

Amman, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menlu Yordania, Ayman Safadi sepakat,  adalah prioritas utama kedua negara.

Isu Palestina menjadi salah satu pembahasan kedua Menlu dalam pertemuan di Amman, Ibu Kota Yordania, Selasa (9/2).

“Palestina adalah prioritas utama kami. Kami memiliki kesepakatan mutlak bahwa masalah Palestina adalah isu utama, dan perdamaian tidak akan tercapai tanpa Solusi Dua Negara yang kami sepakati,” kata Ayman dalam konferensi pers bersama secara daring.

Ayman menuturkan upaya Yordania dalam isu Palestina ini terkoordinasi dalam pembicaraan dengan komunitas internasional dan organisasi Islam.

Dalam jumpa kesempatan itu, ia menuturkan telah menyampaikan kepada Retno mengenai hasil Pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri Arab di Kairo. Menurutnya, hasil pertemuan tersebut positif dan mencerminkan sikap Arab bersatu.

“Kesepakatan mengenai solusi (untuk Palestina) juga mencerminkan sikap negara-negara Islam dalam menyelesaikan masalah ini,” ujarnya

Menlu Yordania juga berharap pemerintahan Amerika Serikat yang baru dapat diajak bekerja sama kembali untuk menciptakan lingkungan yang dapat memulihkan negosiasi.

“Upaya kami terus berjalan, koordinasi kami dengan Indonesia dan teman-teman kami di negara Arab juga terus berlanjut,” terangnya.

Sementara itu mengatakan, Indonesia berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik untuk upaya meraih keuntungan langkah maju yang signifikan dalam mencapai solusi yang langgeng dan adil untuk Palestina.

“Dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak tergoyahkan,” ujar Menlu RI.

Indonesia juga menyambut baik keputusan pertemuan darurat Liga Arab di Kairo pada Senin (8/2) yang menunjukkan dukungan kuat terhadap Palestina. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.