MENTERI AGAMA: UJIAN NASIONAL SARANA MEMPERSIAPKAN PEMIMPIN BANGSA

Foto: Kemenag
Foto:

, 15 Rajab 1436/4 Mei 2015 (MINA) – Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, (UN) adalah salah satu cara untuk mempersiapkan diri para siswa untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Agama saat berbicara kepada para siswa di Pamulang, Senin (4/5). Sebelum para siswa masuk kelas untuk mengikuti UN.

juga berpesan agar para siswa MTs tidak mengikuti UN untuk sekedar lulus, tapi juga untuk penyiapan jangka panjang.

“Ingat..! Ujian yang akan adik-adik hadapi, bukan semata-mata untuk sekadar lulus. Lebih dari itu, adik-adik harus mempunyai cara pandang yang lebih panjang. kata Menteri Agama saat memberi motivasi kepada para peserta UN di MTsN Pamulang,  Senin (04/05) pagi, demikian siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lukman juga berharap agar peserta UN benar-benar memahami benar soal ujian, sebelum menjawab.

“Para siswa jangan terjebak dengan banyaknya soal UN. Jawablah dengan baik dan tidak tergesa-gesa,” ujar Lukman.

Ia menyatakan, saat ini, ada 17.684 MTs, baik negeri maupun swasta yang mengikuti UN.

“Untuk UN susulan, rencanya akan dilaksanakan pada 11-12 Mei 2015,” tambah Menag sambil menyebut dua jenis metode dalam mengerjakan UN, yakni memakai UN secara manual menggunakan kertas (PBT: Paper Based Test) dan UN secara online/semi online dengan menggunakan perangkat komputer (CBT: Computer Based Test).

“Saat ini, di lingkungan Kemenag, hanya MTsN 2 Kota Kediri-Jawa Timur, MTs yang menggunakan CBT. Semoga tahun depan, bisa lebih banyak lagi,” harap Menteri Agama.

Meski demikian, pihaknya menyatakan, bahwa CBT atau PBT bukanlah sebuah tolak ukur. “CBT bukan berarti lebih baik daripada PBT, ini hanya masalah cara mengerjakan saja,” imbuhnya.

Selain memonitoring, ia juga melakukan peletakan batu pertama bangunan pondok pesantren/asrama siswa dan penandatanganan prasasti.

Harapan yang sama disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan. Melalui pesan singkat, M. Nur Kholis berharap para siswa MTs sukses dalam menjalani UN.

“Jadilah generasi penerus yang senantiasa optimis dan siap menghadapi tantangan yang sangat dinamis,” harap M. Nur Kholis.

UN MTsN Pamulang tahun ini diikuti oleh 326 siswa. “Alhamdulillah, semua peserta ikut UN,” kata Kepala MTsN Pamulang, Suhardi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Moh. Agus Salim, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan, Kepala Pusat Informasi dan Humas Rudi Subiyantoro, Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda dan Kepala Kankemenag Kota Tangerang Selatan. (T/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0