Milisi Dukungan AS Rebut Ladang Minyak di Suriah Timur

Gedung-gedung rusak berat di Raqqa setelah sebuah pasukan pimpinan Kurdi mengusir pejuang Daesh dari kota utara. (Foto: dok.)

 

Deir Ezzor, Suriah Timur, MINA – Milisi yang didukung Amerika Serikat (), Pasukan Demokratik Suriah () mengatakan, mereka berhasil menguasai sebuah besar di provinsi Deir Ezzor pada hari Ahad (22/10), melalui serangan ofensif terhadap pejuang ISIS di Suriah timur.

SDF mengatakan, bahwa mereka menguasai ladang minyak Al-Omar, salah satu pelabuhan terbesar di Suriah, di tepi timur sungai Efrat.

Dengan serangan udara dan pasukan khusus dari koalisi pimpinan AS, SDF telah memerangi ISIS di Deir Ezzor yang kaya minyak, yang berbatasan dengan Irak.

Menurut lapaoran Arab News yang dikutip MINA, aliansi SDF milisi Kurdi dan Arab telah dikonsentrasikan di wilayah timur sungai, yang membagi dua provinsi tersebut.

Tentara Suriah, dengan kekuatan udara Rusia dan milisi yang didukung Iran, telah melakukan serangan terpisah sendiri terhadap gerilyawan ISIS, kebanyakan ke barat sungai.

Koalisi pimpinan AS dan militer Rusia telah mengadakan pertemuan dekonfliksi – untuk mencegah bentrokan antara pesawat dan tentara – meskipun serangan kadang-kadang menimbulkan konflik.

Lapangan minyak Al-Omar terletak sekitar 10 kilometer sebelah utara kota Al-Mayadin, yang pasukan pemerintah dan sekutunya mereka ambil awal bulan ini. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.