MUSLIM BOSNIA MENGELUH MENINGKATNYA SERANGAN

Zvornik, 18 Rajab 14535/17 Mei 2014 (MINA) Etnis Muslim  Bosnia- Herzegovina mengeluh akibat semakin maraknya insiden kekerasan yang mereka alami dari kelompok etnis Serbia di kota Zvornik akhir-akhir ini.

Seorang pemuda Muslim dilaporkan diserang di depan Masjid  lokal Rijecanka, sedangkan dalam insiden terpisah, seorang etnis Serbia 81 tahun membunuh seorang pria Muslim dengan kapak akibat korban  menolak untuk menerima telur paskah pemberiannya di  perayaan Kristen. Keesokan harinya, seorang pemuda Muslim Ahmed Hassanovic ditemukan tewas di depan rumahnya di Kozluk, dekat Zvornik.

“Di daerah perkotaan Zvornik dilaporkan terjadi beberapa kali insiden ”  demikian dilaporkan Komunitas Islam di Tuzla dalam  pernyataan pers, seperti dilaporkan World Bulletin dikutip MINA (Mi’raj Islamic News Agency), Sabtu.

“Pada  6 Mei, di depan Masjid Rijecanska, seorang pemuda yang tidak diketahui secara verbal diserang dan dilecehkan” tambahnya dalam pernyataan tersebut.

Menurut Balkan Insight, pemakaman Muslim di masjid utama Zvornik itu baru-baru ini dirusak dan nisannya  dilempari  batu dan telur busuk. Empat Muslim lain diserang di kota tahun lalu oleh sekelompok pemuda Serbia saat mereka berjalan ke masjid.

Di Zvornik, yang dulu pernah didominasi warga etnis Muslim,  terjadi eksodus besar-besaran warganya selama perang saudara 1992-1995 setelah tindakan pembersihan etnis oleh Serbia. Sejak perang berakhir, hanya sebagian kecil Muslim  kembali ke rumah. mereka(T/P010/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0