Oman Serukan Israel Segera Laksanakan Keputusan ICJ

Israel Defense Forces ambil alih akses penyebrangan Rafah dari Gaza beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. X/Israel Defense Forces)

Oman, MINA – Kesultanan Oman pada Sabtu (25/5) menyambut baik keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel untuk segera menghentikan serangannya ke Rafah, dan mendesak Israel segera melaksanakan keputusan tersebut.

Kantor Berita WAFA melaporkan, selain keputusan untuk menghentikan serangan Israel ke Rafah, keputusan itu juga memerintahkan Israel segera membuka penyeberangan Rafah untuk bantuan kemanusiaan, dan memastikan kedatangan komite pencari fakta mengenai tuduhan genosida, dan menyerahkan laporan komprehensif ke pengadilan dalam waktu satu bulan.

Kementerian Luar Negeri Oman meminta masyarakat internasional untuk memastikan bahwa Israel mematuhi keputusan ICJ, memikul tanggung jawabnya dan menghentikan tindakan agresifnya di wilayah Palestina.

“Masyarakat internasional, khususnya Dewan Keamanan, harus mewajibkan Israel untuk memenuhi tanggung jawabnya, sesuai dengan hukum internasional, dan melaksanakan keputusan Mahkamah Internasional untuk segera menghentikan tindakan agresif di wilayah Palestina,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. []

Baca Juga:  Hamas Sampaikan Pesan Idul Adha untuk Warga Gaza

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Rudi Hendrik