Pasukan Pendudukan Israel Hancurkan Sekolah At-Tahadi 5, Kedua Kalinya dalam Sepekan.

Pasukan Pendudukan zionis Israel mengahancurkan sekolah At-Tahadi 5. Foto: Palinfo

Betlehem, MINA – Pasukan pendudukan zionis Israel menghancurkan Sekolah 5 di daerah “Jub Al-Dib” Beit Ta’mar, sebelah timur Betlehem, untuk kedua kalinya dalam sepekan, Rabu malam (10/5).

Dikutip dari Wafa, Direktur Kantor Komisi Perlawanan dan Pemukiman di Bethlehem, Hasan Brijieh, mengatakan, bahwa pasukan pendudukan zionis Israel disertai dengan sebuah truk besar, menyerbu daerah Jubb al-Dib, dan mengepung sekolah At Tahadi 5 yang dibangun kembali dengan dua tenda ditutup tempat itu dengan rapat.

Pasukan mencegah warga mengakses sekolah, sebelum menghancurkannya.

Pasukan pendudukan zionis Israel menghancurkan sekolah yang menampung 60 siswa. Pekan lalu sebelum Komisi Perlawanan Tembok dan orang-orang Beit Tamar membangunnya kembali.

Pendudukan zionis Israel telah menghancurkan 11 sekolah sejak 2016 yang terakhir pada pekan lalu, sekolah dasar campuran “At-Tahid 5” di daerah “Jub Al-Dib”.

Kepala unit tindak lanjut lapangan di Kementerian Pendidikan, Ahmed Nasser, mengatakan bahwa sekolah yang dibongkar pagi ini sedang dibongkar untuk kedua kalinya setelah pendudukan menghancurkannya saat itu yang didirikan pada tahun 2017 dengan mengklaim dibangun tanpa izin. Demikian Wafa melaporkan.

Ia menunjukkan bahwa pendudukan zionis Israel menghancurkan empat sekolah pada tahun 2018 mengklaim bahwa dibangun tanpa izin.

“Adapun Sekolah tersebut yaitu Sekolah Dasar Campuran Abu Nuwara di pinggiran Yerusalem, Sekolah Dasar Campuran Zanouta di Hebron selatan, Sekolah Dasar Campuran Al-Semia di Hebron selatan, dan Sekolah Dasar Campuran Ibziq di Tubas.” Katanya.

Pada 2021, pendudukan zionis Israel juga menghancurkan sebuah sekolah yang sedang dibangun di kota Beit Hanina, ke-Gubernuran Yerusalem dan Sekolah Campuran Dasar Al-Maleh di ke-Gubernuran Tubas dan pada Tahun 2022 pendudukan zionis Israel menghancurkan sekolah Umm Qassah dan Isfi di Masafer Yatta, ke-Gubernuran Hebron.

Nasser mengatakan seluruh sekolah At-Tahadi yang berjumlah 32 terancam dibongkar, selain jumlah total sekolah yang terancam dibongkar sebanyak 58 sekolah yang semuanya terletak di Area C.

Dinamai dengan nama sekolah At-Tahadi untuk menekankan kesinambungan penyediaan pendidikan bagi anak-anak di daerah terpinggirkan dan yang tergolong “C”, di mana pendudukan zionis Israel tidak mengizinkan pembangunan sekolah.

Selain itu, Pendudukan zionis Israel melarang setiap perubahan atau konstruksi di Area C, yang mencakup 61% Tepi Barat, tanpa izin, dan hampir tidak mungkin mendapatkannya.

Pendudukan zionis Israel menghancurkan sekolah-sekolah “At-Tahadi”, bertujuan untuk memerangi pendidikan, menghalangi akses anak-anak dan siswa ke sekolah mereka, dan mencegah mereka menerima pendidikan mereka di lingkungan pendidikan yang aman dan stabil, terutama di komunitas tempat siswa harus bepergian jarak yang jauh dengan berjalan kaki untuk mencapai sekolah mereka. (T/bad/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.