PASUKAN SOMALIA REBUT BENTENG TERAKHIR AL-SHABAAB

Pasukan Somalia erhasil menguasai distrik Baraawe, benteng terakhir Al-Shabaab (Foto: AA)
Pasukan Somalia erhasil menguasai distrik Baraawe, benteng terakhir (Foto: AA)

Mogadishu, 12 Dzulhijjah 1435/6 Oktober 2014 (MINA) – Pasukan pemerintah Somalia dan penjaga perdamaian Afrika AMISOM, pada Ahad (5/10), merebut kembali distrik Baraawe, benteng terakhir kelompok pejuang Al-Shabaab, gerakan militan di selatan Somalia, Lower Shebelle.

Saksi mata mengatakan, pasukan Somalia dan pasukan penjaga perdamaian Afrika telah menguasai semua fasilitas dan gedung-gedung pemerintah di distrik, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Gubernur Lower Shebelle Region mengatakan, Al-Shabaab menarik diri dari distrik sejak Jumat (3/10), ketika pasukan pemerintah dan pasukan penjaga perdamaian Afrika berkonvoi menuju ke sana.

Pejabat militer AMISOM di Barawe mengatakan, beberapa pejuang Al-Shabab yang melarikan diri dari pertempuran menggunakan perahu menuju ke arah laut, sementara yang lain menyebar melarikan diri ke daerah-daerah sipil, Al Jazeera melaporkan.

Baraawe adalah benteng terbesar gerakan Al-Shabaab Al-Qaeda. Distrik ini memiliki posisi strategis bagi perekonomian gerakan kelompok, menjadi kota pantai yang memiliki pelabuhan kecil sendiri di mana batubara diekspor ke negara-negara Teluk.

Para pengamat mengatakan, lepasnya distrik akan menghentikan ekspansi Al-Shabaab di Somalia. Mereka menambahkan, Baraawe juga bisa menjadi yang pertama dalam serangkaian kemunduran gerakan militan.

Bulan lalu, pemerintah Somalia dan pasukan penjaga perdamaian Afrika meluncurkan kampanye militer besar-besaran yang dinamai “Operasi Samudera Hindia” melawan Al-Shabaab.

Somalia adalah negara yang lama bermasalah di Tanduk Afrika, tetap dalam cengkeraman kekerasan sejak pecahnya perang saudara tahun 1991. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0