PEJABAT PBB SERUKAN ISRAEL CABUT BLOKADE GAZA

, 8 Jumadil Akhir 1435/9 April 2014 (MINA) – Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Wilayah James W. Rowley menyerukan agar mencabut blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza dan membuka kembali pintu lintasan yang ditutup.

James Rowley, koordinasi Perserikatan Bangsa Bangsa PBB mengatakan dalam konferensi press di kantor Pusat UNRWA di Gaza, Selasa, warga Palestina telah menjadi saksi saksi kehidupan terburuk mereka dalam beberapa dekade.

Rowley juga Minta agar Mesir membuka Perlintasan rafah bagi warga pendatang, barang-barang dan obat-obatan yang diperlukan warga, pemantauan Media Timteng melaporkan, diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Dia menyarankan untuk perlintasan rafah dan Gaza setidaknya berfungsi seperti yang terjadi sebelum Juli 2013, ujar Rowley.

Baca Juga:  Puan: MIKTA Desak Israel Lakukan Gencatan Senjata Permanen

PBB menganggap Mesir menanggung sebagian besar tanggung jawab kehidupan penduduk Gaza, namun Dia juga menekankan, Israel memiliki tanggung jawab penuh atas aksi blokade yang dilakukannya.

Untuk membantu meningkatkan kehidupan 1,9 juta penduduk di wilayah Palestina yang diduduki, Rowley menyerukan kepada komunitas dunia internasional untuk memberikan bantuan $390 juta.

Mengenai para nelayan di Gaza, pejabat PBB menyerukan memungkinkan mereka tetap berlayar bebas di laut dan petani juga bergerak bebas di ladang mereka yang berdekatan dengan perbatasan Palestina dan Israel.

Selama dalam konferensi pers, perwakilan dari Program Pangan Dunia (WFP), mengatakan tentang situasi berbahaya kondisi pangan di Jalur Gaza.

Rowley mencatat kesulitan pangan di Gaza telah meningkat dari 48 persen menjadi 57 persen. Dia menekankan bahwa masyarakat internasional harus terus membantu penduduk Gaza dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok yang sangat diperlukan warga Gaza. (T/P012/EO2)

Baca Juga:  Forum Rektor PTMA Dukung Pemerintah Tolak Hubungan Diplomatik dengan Israel

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0