PBB: Situasi Tepi Barat ‘di Luar Kendali’ karena Penggunaan Kekuatan Berlebihan oleh Israel

Ilustrasi: Pasukan Israel bentrok dengan warga Palestina di Nablus, Tepi Barat yang diduduki. (Foto: dok. Press TV)

Jenewa, MINA – Kepala HAM telah memperingatkan situasi di yang diduduki “di luar kendali” karena penggunaan kekuatan berlebihan oleh .

Volker Turk, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (23/6) bahwa kekerasan yang meningkat “dipicu oleh retorika politik yang tajam dan penggunaan senjata Israel yang terus-menerus” di Tepi Barat yang diduduki, dapat lepas kendali setelah serangan baru-baru ini oleh pemukim Yahudi Israel di beberapa daerah.

Turk meminta otoritas Israel untuk segera mengakhiri kekerasan dan mematuhi hukum internasional sehubungan dengan penggunaan kekuatan mematikan. Press TV melaporkan.

“Israel harus segera mengatur ulang kebijakan dan tindakannya di Tepi Barat yang diduduki sejalan dengan standar hak asasi manusia internasional, termasuk melindungi dan menghormati hak untuk hidup,” katanya.

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

“Sebagai entitas pendudukan, Israel juga memiliki kewajiban di bawah hukum kemanusiaan internasional untuk memastikan ketertiban dan keamanan publik di dalam wilayah yang diduduki,” tambahnya.

Turk menyerukan “penyelidikan yang efektif atas kasus pembunuhan yang dilakukan oleh pasukan Israel, di mana ada cukup bukti pelanggaran hukum nasional atau internasional,” juga menuntut agar tersangka pelaku “dimintai pertanggungjawaban.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.