Pemerintah Rusia Persembahkan Patung Yuri Gagarin Untuk Jakarta

Jakarta, MINA – Memperingati hubungan bilateral Indonesia- ke-70 tahun, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan untuk Indonesia, yang berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Baswedan menyambut gembira patung itu, patung dai kosmonot pertama Rusia ke angkasa luar pada tahun 1961.

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengatakan, patung tersebut merupakan simbol hubungan kuat antara Indonesia dan Rusia di berbagai bidang di masa depan.

“Saat ini kita sangat berbahagia dengan merayakan hubungan tersebut secara simbolis dengan penempatan patung Kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta. Jadi, persembahan dari kami ini kepada Jakarta adalah sebagai simbol hubungan bilateral agar persahabatan kita bisa lebih erat lagi di masa depan,” katanya di Jakarta, Rabu (10/3).

Sementara itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyambut baik dan mengapresiasi perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006.

“Persahabatan kita ditandai dengan pertukaran pelajar sejak tahun 1950-an. Selain itu, di Jakarta ini banyak tanda-tanda dari persahabatan itu. Pertama, ada RS Persahabatan Rusia-Indonesia, kedua Gelanggang Olahraga Bung Karno, dan sekarang ada Patung Yuri Gagarin,” ujarnya.

Anies juga menjelaskan, Jakarta adalah kawasan kancah dunia, di mana bangsa manapun bisa menjalin persahabatan.

Persahabatan antara Rusia-Indonesia telah dijalin sejak masa Presiden Soekarno menjabat. Nama Sang Proklamator ini juga telah menjadi nama salah satu jalan di ibukota negara tersebut.

Yuri Gagarin merupakan kosmonot pertama yang berhasil keluar angkasa pada tahun 1961 menunggangi wahana penjelajah Vostok I. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.