Pemimpin Hamas Puji Erdogan Dukung Perjuangan Palestina

Kepala Biro Politik Hamas Palestina Ismail Haniyeh. (Foto: alray)

Istanbul, MINA – Kepala Biro Politik Hamas memuji dukungan Presiden Turkiye terhadap perjuangan pada Sabtu (20/4).

“Pernyataan Presiden Erdogan pada pertemuan kelompok Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) di mana ia menggambarkan Hamas sebagai gerakan pembebasan Nasional dan menyamakannya dengan Kuva-i Milliye (Pasukan Nasional), tidak diragukan lagi merupakan kebanggaan bagi kami dan rakyat Palestina,” kata Haniyeh kepada Anadolu dalam sebuah wawancara eksklusif, setelah pertemuannya dengan Erdogan di Istanbul.

Erdogan mengatakan dalam pertemuan kelompok partainya, “Hamas adalah Kuva-i Milliye (Pasukan Nasional yang aktif selama Perang Kemerdekaan Turkiye antara tahun 1918 – 1921) di Turkiye selama Perjuangan Nasional. Kami tahu betul bahwa mengatakan hal ini ada konsekuensinya.”

Baca Juga:  UMC dan 172 PTMA Se-Indonesia Dukung Palestina

Menyoroti ikatan historis Turkiye dengan perjuangan Palestina karena posisi regional dan Islamnya, Haniyeh mengatakan, pernyataan Erdogan mencerminkan hati nurani rakyat Turkiye, yang menganggap perjuangan Palestina sebagai perjuangan mereka sendiri, berempati dengan dari sudut pandang kemanusiaan dan menentang penindasan.

Dia menggarisbawahi perlunya menyatukan upaya untuk menghentikan serangan Zionis, yang tetap terjadi dengan dukungan AS.

Haniyeh memuji sikap intelektual, sejarah dan politik Erdogan dan rakyat Turkiye terhadap perjuangan

“Selama pertemuan kami dengan Erdogan, kami membahas keputusan yang diambil mengenai pembatasan komersial terhadap dan dampaknya terhadap aktivitas komersial,” katanya.

“Ini merupakan langkah penting melawan musuh Zionis yang menumpahkan darah perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia Palestina dalam serangan di Gaza, mengancam dengan serangan darat, dan tidak menghormati tempat suci umat Islam, khususnya Masjid Al-Aqsa di Yerusalem,” tambahnya. (T/RI-1/P2)

Baca Juga:  Ketum ICMI: Indonesia Peringkat Kedua Dunia soal Sampah Sisa Makanan

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.