PEMIMPIN KURDI TURKI SERUKAN PEMBERONTAKAN DIHENTIKAN

Puluhan ribu etnis Kurdi Turki datang ke Kazlicesme Square Istanbul, Ahad 22 Maret 2015, rayakan Newroz. (Foto: Dok. BGN News)
Puluhan ribu etnis datang ke Kazlicesme Square Istanbul, Ahad 22 Maret 2015, rayakan Newroz. (Foto: Dok. BGN News)

Istanbul, 2 Jumadil Akhir 1436/22 Maret 2015 (MINA) – Sebuah pesan dari pemimpin Partai Buruh Kurdistan (PKK), Abdullah Ocalan, dibacakan dalam perayaan tahun baru Newroz di Turki, menyerukan militan Kurdi menghentikan pemberontakannya yang sudah tiga dekade lamanya.

Dalam pesan yang dibaca Ahad (22/3), Ocalan yang kini berada di penjara, meminta para pengikutnya untuk menggelar kongres, namun dia tidak menyatakan segera menghentikan perjuangan bersenjata partainya yang telah dilarang oleh pemerintah Turki.

Puluhan ribu massa berduyun-duyun ke Kazlicesme Square Istanbul untuk perayaan Newroz, menandai dimulainya tahun baru Persia. Di Turki, liburan utamanya dirayakan oleh minoritas Kurdi negara itu, BGN News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Massa mulai berkumpul di alun-alun Kazlicesme Square sejak Ahad dini hari. Orang-orang mengenakan pakaian tradisional warna-warni, meneriakkan slogan-slogan dan melambaikan bendera sejak memasuki alun-alun.

Pengamanan ketat dilakukan oleh kepolisian Istanbul.

Peserta perayaan melewati pemeriksaan keamanan rutin sebelum memasuki alun-alun. Sementara itu, sejumlah jalan di sekitar daerah tersebut ditutup sementara untuk lalu lintas.

Perayaan ini diselenggarakan oleh Partai Demokrasi Rakyat (HDP) pro-Kurdi.

Perayaan Newroz di Turki dimulai di provinsi tenggara negara itu, Diyarbakir, pada Sabtu 21 Maret, dihadiri ratusan ribu massa.

Newroz adalah festival musim semi tradisional yang dirayakan pada paruh kedua bulan Maret dan memiliki arti yang sangat simbolis bagi warga Kurdi. Perayaan di laksanakan dengan berbagai festival yang menampilkan warna-warni di wilayah tenggara Turki yang didominasi Kurdi.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Liburan juga dirayakan oleh banyak kelompok di wilayah bangsa Persia dan Asia Tengah, bahkan sampai India. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0