Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Seru Rohingya Bangkit Jadi Manusia Merdeka

Ketua Pemuda Jama’ah  Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung, Sulaiman Abdullah saat berorasi pada aksi peduli Rohingya di Tugu Adipura Bandar Lampung, Jumat, (8/9). (Foto : Hadis/MINA).

Bandar Lampung, MINA – Majelis Syubban (pemuda-red) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung serukan Muslim Rohingya untuk membangkitkan semangat dan kepercayaan diri sebagai manusia yang merdeka.

Hal ini disampaikan Ketua Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Sulaiman Abdullah dalam Aksi Selamatkan Muslim Rohingya yang diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Penyelamat Muslim Rohngya (GNPMR) Lampung di Tugu Adipura, Jumat (8/9).

Menurutnya, etnis Rohingya juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara Myanmar lainnya.

“Oleh karena itu Muslim Rohingya tidak perlu takut. Kami siap membantu,” ujarnya.

Baca Juga:  Militer Yaman Targetkan Tiga Kapal, Satu Milik AS

Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) juga menyeru agar Muslim Rohingya berusaha membangun perdamaian dan menjauhkan diri dari potensi makar yang selama ini sering digunakan oleh pihak peguasa sebagai alasan untuk menindas gerakan-gerakan yang dinilai separatis.

Selain itu Sulaiman juga mengutuk keras penyerangan bersenjata yang sudah menjurus kepada pemusnahan etnis Muslim tersebut yang merupakan kezaliman yang sangat nyata.

Menurutnya, penyerangan yang dilakukan pihak militer Myanmar terhadap warga sipil Rohingya yang tidak berdosa sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaaan dan merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional.

Ia pun menyerukan kepada Pemerintah Myanmar, hendaknya memberikan perlindungan kepada etnis Rohingya dan memperlakukannya dengan baik sebagaimana perlakuan terhadap warga negara Myanmar dari etnis yang lain.

Baca Juga:  Muslim Nigeria Rayakan Idul Adha di Tengah Krisis Ekonomi

Ia menegaskan bahwa seluruh umat Islam harus terus membangun kesadaran tentang pentingnya kesatuan umat dalam satu jamaah dan bertaubat kepada Allah atas kelalaian terhadap nasib saudara sesama muslimin. (L/ism/B01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf