Peserta Aksi 115 Jaga Ketertiban dan Kebersihan Monas

Jakarta, MINA – Ratusan ribu peserta Aksi Bebaskan atau Aksi 115 yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jumat (11/5), sebagian besar sudah kembali ke daerahnya masing-masing dengan tertib. Bahkan usai acara pun lokasi di kawasan Monas terlihat bersih.

Ketua Presidium Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis mengapresiasi tertibnya para peserta aksi. Menurutnya, Aksi 115 patut dijadikan contoh oleh peserta acara-acara lain yang menggunakan fasilitas umum.

“Inilah kondisi Monas usai acara Indonesia Bela Baitul Maqdis. Terima kasih kepada para peserta yang sudah menjaga kebersihan. Dan ini saya apresiasi sebesar-besanya kepada muslimin dan muslimat yang hadir,” ujar Ustaz Bachtiar usai salat Jumat.

Ia pun tak ragu menyebut Aksi 115 sebagai teladan. Menurutnya, Monas adalah simbol Jakarta, dan Umat Islam adalah cerminan bangsa Indonesia. Sehingga, kebersihan dan ketertiban adalah identitas yang harus terus dijaga.

“Kepada yang lain jadikan ini sebagai contoh kalau membuat acara, tidak ada rumput yang diinjak, tidak ada pohon yang dirobohkan. Semua harus kembali seperti semula, sampah harus dibuang ke tempatnya,” katanya.

Pantauan MINA di lokasi, para peserta Aksi 115 tampak tertib dan rapi mengikuti jalannya acara Aksi Indonesia Bela Baitul Maqdis. Aksi itu sendiri dimeriahkan dengan menampilkan nasyid bertema Perjuangan Palestina, hadroh dan pembacaan puisi, serta orasi para tokoh nasional dan lintas nasional. Aksi itu diakhiri dengan salat Jumat bersama di area Monas.

Dalam aksi yang menuntut Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump itu, sejumlah tokoh tampak hadir seperti Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Presidium Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis Ustaz Bachtiar Nasir. Tampak hadir pula Ketua Komite Al-Quds Ikatan Ulama Internasional Dr Ahmad Umar Al-Umary. (L/R06/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0