Peta Peperangan di Gaza Oktober 2023–Maret 2024

Peta serangan ke Gaza, Palestina (Ilustrasi foto: Al-Manar)

Oleh: Marwa Haidar, jurnalis Al-Manar Lebanon

Hampir lima bulan sejak dimulainya serangan darat Israel di Gaza, pejuang perlawanan Palestina, dengan tekadnya yang tak tergoyahkan, masih berdiri sebagai penghalang yang tidak dapat ditembus, meskipun terjadi agresi tanpa henti dan genosida yang mengerikan.

Dimulai pada tanggal 27 Oktober 2023, serangan darat diumumkan dengan tujuan melenyapkan Hamas dan membebaskan sandera yang ditangkap oleh kelompok perlawanan selama Operasi Banjir Al-Aqsa yang heroik pada tanggal 7 Oktober.

Meskipun ada upaya untuk maju selama berpekan-pekan pertempuran sengit, tentara pendudukan Israel gagal mengamankan kehadirannya di banyak wilayah di Jalur Gaza, dan terpaksa menarik beberapa brigade dari Gaza.

Berikut beberapa peta yang menunjukkan jalannya medan perang sejak dimulainya invasi darat. Peta tersebut memberikan representasi visual komprehensif tentang dinamika medan perang dan manuver taktis.

Peta perang di Gaza

Pada malam tanggal 27 Oktober, Pasukan Pendudukan Israel (IOF) melancarkan serangan darat besar-besaran di kota Beit Hanoun dan Bureij di Jalur Gaza. Sehari kemudian, militer pendudukan mengatakan unit yang dikerahkan masih berada di lapangan, menandai dimulainya invasi Israel ke Jalur Gaza.

Selama bulan pertama serangan darat, serangan Israel awalnya terjadi di dua wilayah: Beit Hanoun di utara dan di wilayah dekat Juhr Al-Deek di tengah jalur tersebut, di selatan Kota Gaza. Pasukan pendudukan kemudian memperluas kehadirannya dari utara ke barat, lalu ke tengah.

Pada tanggal 18 November, militer pendudukan akhirnya membelah Jalur Gaza menjadi dua bagian, utara dan selatan, dan mengepung Kota Gaza.

Kemudian pada bulan Desember, IOF berusaha melancarkan serangan baru di wilayah selatan, dekat kota Al-Qarara, di utara Khan Younis. Pada tahap ini, pejuang perlawanan Palestina masih mampu melakukan serangan terhadap pasukan pendudukan di utara.

Dua pekan kemudian (pada tanggal 19 Desember), pasukan pendudukan mencoba memperluas kehadiran mereka di utara, tengah dan selatan. Selama fase ini, IOF mengalami kerugian besar dan mendapat perlawanan sengit.

Pada tanggal 22 Desember, tentara pendudukan Israel menarik beberapa brigade dari Gaza, termasuk Brigade Golani, setelah mengalami kerugian besar.

Perkataan kelompok perlawanan ini menjadi penentu pada bulan Januari: Pendudukan Israel tidak akan pernah bisa menguasai wilayah utara Jalur Gaza, mereka hanya bisa mengepung wilayah tersebut dan mencoba melakukan upaya lain di wilayah selatan, di Al-Qarara dan Khan Younis.

Selama bulan Februari, tentara pendudukan Israel berusaha meningkatkan kehadiran militernya di utara.

Pada bulan Maret, dan hampir lima bulan setelah dimulainya invasi darat, militer pendudukan Israel menarik diri dari beberapa wilayah di tengah dan selatan Jalur Gaza. Mereka akhirnya membangun jalur sepanjang 1 kilometer di perbatasan Jalur Gaza dengan wilayah pendudukan di wilayah Gaza.

Perlawanan yang tidak dapat dikalahkan

Pada tanggal 19 Maret, jumlah korban tewas resmi Israel, yang diumumkan oleh militer pendudukan sejak dimulainya serangan darat, mencapai 251 orang, dengan perkiraan bahwa angka sebenarnya jauh lebih besar.

Bertempur di lingkungan perkotaan, pasukan Israel telah menghadapi banyak faktor tantangan yang menentukan hasil dari pertempuran militer tersebut.

Salah satu faktor yang menantang ini adalah jebakan dan peluru. Alat peledak buatan lokal ini telah digunakan oleh pejuang perlawanan yang terlatih, dan seringkali digunakan dalam jarak dekat.

Selain itu, sistem terowongan yang rumit di Jalur Gaza dipandang oleh tentara pendudukan sebagai masalah serius. Pejuang dapat berpindah antarbangunan tanpa benar-benar keluar ke jalan, yang menunjukkan bahwa tentara rentan terhadap penyergapan.

Di sisi lain, para pejuang perlawanan dipandang sebagai musuh tangguh bagi tentara pendudukan karena mereka adalah penduduk asli Palestina. Mereka akrab dengan wilayah di Gaza dan telah mempersiapkannya sejak lama.

Pada akhirnya, ambisi Israel telah hancur karena ketangguhan rakyat Palestina, sehingga harapan mereka untuk melakukan penaklukan pupus dibandingkan dengan pencapaian yang diperoleh melalui perlawanan yang tidak dapat dipatahkan. (AT/RI-1/P2)

Sumber: Al-Manar

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.