Piala Asia 2019: Uzbekistan Taklukkan Oman 2-1

Adu Dhabi, MINA – Uzbekistan menaklukkan Oman dengan skor tipis 2-1 di laga pertama Grup F Piala Asia 2019 yang berlangsung di Stadion Sharjah, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Rabu (9/1) malam WIB.

Kemenangan itu membawa Uzbekistan ke posisi kedua dalam klasemen sementara setelah Jepang, yang berhasil mengalahkan Turkmenistan 3-2 dalam pertandingan pembukah sebelumnya. Demikian keterangan pers AFC yang dikutip MINA pada Kamis (10/1).

Oman tampil agresif sejak awal, ketika mereka mencoba membongkar pertahanan Uzbekistan dengan beberapa serangan dan pada menit ke-14, Oman nyaris mencetak gol melalui sundulan Ahmed Al Mahaijri namun kiper Ignatiy Nesterov dengan brilian menyelamatkan gawangnya.

Kepercayaan Oman tumbuh ketika mereka menyerang Serigala Putih (Julukan Uzbekistan) dari sayap kiri dan sayap kanan pada menit ke-25, oleh Saad Al Mukhaini dan Raed Saleh tetapi masih belum membuahkan hasil.

Kemudian, pada menit ke-32 bermula dari pelanggaran yang dilakukan pemain Oman kepada Marat Bikmaev dan menghasilkan tendangan bebas. Kapten Uzbekistan Odil Ahmedov yang mengeksekusi tendangan itu dan berhasil membobolkan gawang Oman dan merubah skor menjadi 1-0.

Ahmedov yang bermain untuk tim Liga Super China Shanghai (SIPG), mencetak gol internasional ke-18 setelah ia meringkuk usahanya melewati kiper Faiyz Al Rusheidi.

Pada menit-menit terakhir di babak pertama kiper Uzbeksistan Ignatiy Nesterov memblok tendangan kencang dar pemain Uzbeksitan Mohammed Al Musallami.

Diawal babak kedua Oman nyaris mencetak gol ketika Ali Al Busaidi mengirim umpan silang kepada Saad Al Mukhaini tapi disia-siakan peluang itu.

Sang Merah (Julukan Oman) akhirnya pada menit ke-72 setelah pemain pengganti Muhsen Al Ghassani, yang menggantikan Khalid Al-Hajri, lolos dari jebakan offside dan melepaskan tembakan melewati kiper Uzbekistan serta berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Lima menit terakhir di babak kedua tepatnya pada menit ke-85 pemain Uzbekistan Eldor Shomurodov yang baru masuk menggantikan Marat Bikmaev, menyerang dari sisi kiri lapangan lalu masuk ke kotak pinalti dan berhasil mencetak gol dengan tembakan kaki kiri ke sudut gawang dan memastikan kemenangan Uzbekistan atas Oman.

Uzbekistan selanjutnya akan menghadapi Turkmenistan pada Ahad (13/1), sementara Oman akan menghadapi Jepang pada hari yang sama. (T/Haf/R01)

                  

Mi’raj News Agency (MINA)