Qatar Adakan Proyek Rekonstruksi Rp. 100 juta/Tahun untuk Gaza

Gaza, 15 Jumadil Awwal 1438/ 12 Februari 2017 (MINA) – Ismail Haniyeh mengatakan, Qatar akan memberikan bantuan jutaan dolar setiap tahun untuk dukungan keuangan dan wilayah Palestina di Jalur Gaza yang terkepung diblokade Israel.

Peluncuran proyek Qatar ini adalah untuk membangun kembali dan fasilitas yang hancur di Jalur Gaza selama serangan “Israel” terbaru pada bulan Juli hingga Agustus 2014.

Dilansir Ma’an News yang dikutip MINA, Ahad (12/2), Haniyeh menambahkan, Qatar sepakat untuk mengalokasikan 100 juta dolar dana untuk proyek-proyek rekonstruksi perumahan setiap tahun.

Proyek Rekonstruksi Qatar dikenal sebagai Hamad City. Proyek perumahan terletak di Kahn Yunis dan akan diterima oleh 860 penduduk dari 1.060 unit perumahan, yang dipilih melalui undian elektronik.

Pejabat Hamas juga mengatakan, Qatar sepakat untuk membangun sebuah sakit di kota Rafah di selatan Jalur Gaza dengan biaya 21 juta dolar.

Selain itu, 10 juta dolar disumbangkan untuk orang yang berkebutuhan khusus.

“Qatar juga sepakat untuk memberikan garansi pada pihak bank sebesar 30 juta untuk mulai menghidupkan listrik baru dari Israel, yang dikenal sebagai proyek 161,” katanya.

Ia menambahkan, koordinasi sedang berlangsung antara Qatar dan Turki untuk meringankan krisis listrik di Gaza.

Qatar juga sepakat untuk kontrak guru Palestina dari Jalur Gaza untuk bekerja di sekolah-sekolah Qatar. (T/R12/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.