Raker Keppri 2018 Usung Tema Diplomasi Zaman Now

Setidaknya 134 kepala Perwakilan RI di seluruh negara melakukan foto bersama dengan Presiden Joko Widodo di gedung Kemlu, Jakarta, Senin (12/2). Foto: Rina/MINA

Jakarta, MINA – Rapat Kerja Kementerian Luar Negeri RI dengan Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Keppri) 2018 diselenggarakan pada 12-15 Februari di Jakarta, dengan mengusung tema “Diplomasi Jaman Now”.

“Kata jaman now merupakan kunci segala perubahan terutama perubahan mindset atau bahasa yang sering kita sebut (revolusi mental). Kami selalu ingat pesan Bapak Presiden Jokowi bahwa perubahan mindset belum sepenuhnya terlaksana di lapangan,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi pada pembukaan Raker Keppri 2018 di Gedung Pancasila, Senin (12/2).

Retno mengatakan, perubahan mindset itu utamanya harus dilakukan oleh setiap orang dan diplomat Indonesia agar terus mampu memberikan manfaat bagi negara, serta memperkokoh posisi Indonesia di kawasan dan dunia.

“Mengenai diplomasi Indonesia ke depan, kita akan terus berusaha untuk menguatkan komitmen kita pada diplomasi perdamaian, kemanusiaan, dan ekonomi,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam raker ini akan ada pembentukan komite-komite temantik, diantaranya diplomasi perlindungan WNI, diplomasi ekonomi, dan diplomasi kemenangan Indonesia di DK PBB mendatang.

Acara raker tersebut dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, serta dihadiri oleh Menteri Bidang Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir, dan para Menteri Kabinet Kerja RI.

Adapun 134 Kepala Perwakilan RI dari seluruh dunia hadir dalam acara tersebut. Terdiri atas para Duta Besar, Konsulat Jenderal, serta Konsulat Eselon I dan II.(L/R04/RE-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.