Rakyat Yaman Kecam Pembunuhan Anak-anak Sekolah oleh Koalisi Saudi

Dhamar, Yaman, MINA – Rakyat Yaman di kota barat daya Dhamar turun ke jalan untuk mengutuk serangan udara koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang menewaskan puluhan anak sekolah di Yaman utara.

Demonstran pada hari Sabtu (11/8) itu membawa plakat dan spanduk, mereka meneriakkan slogan-slogan melawan Arab Saudi dan sekutunya, demikian Press TV melaporkan.

Hari Kamis (9/8), pesawat tempur koalisi menyerang sebuah bus sekolah di sebuah pasar di kota Dahyan, provinsi Sa’ada barat laut Yaman. Setidaknya 50 warga sipil, terutama anak-anak sekolah, tewas dan hampir 80 lainnya terluka.

Beberapa jam setelah serangan udara mematikan itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam tindakan agresi tersebut dan menyerukan penyelidikan independen atas insiden itu.

Baca Juga:  Banyak Konten Palestina, Senator AS Dukung Pelarangan TikTok di Negaranya

Menurut jaringan televisi Al-Masirah Yaman, bus itu mengangkut sekelompok anak sekolah untuk menghadiri kelas musim panas Al-Quran.

Namun, koalisi yang dipimpin Saudi dalam pernyataan yang menantang, menggambarkan serangan itu sebagai “tindakan sah” yang bertujuan menargetkan peluncur rudal pemberontak Houthi Yaman yang sebelumnya menargetkan kota Jizan selatan Saudi.

Juru bicara koalisi Turki Al-Malki mengklaim bahwa serangan itu “sesuai dengan hukum internasional dan kemanusiaan.” (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.