Redaktur Senior MINA: Media Massa Berperan Penting dalam Perjuangan Al-Aqsa

, – Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA mengatakan media massa mempunyai peran penting dalam perjuangan pembebasan Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

“Melalui berita dan artikel, media massa menyiarkan berbagai hal terkait perjuangan Al-Aqsa dan Palestina,” ujarnya pada Training Menulis Tingkat Pemula di Masjid Al-Fatah Pinggirjati, Karangmulya, Kec. Karangpawitan, Kab. Garut, Jabar, Ahad malam (27/2).

Terlebih lanjutnya, Kantor Berita MINA menjadikan isu Al-Aqsa dan Palestina sebagai tema utama dalam pemberitaannya.

“Bukan hanya situasi terkini di Palestina, tetapi juga aksi-aksi solidaritas di negara-negara lain dan di daerah-daerah,” ujar Ali Farkhan, yang juga Duta Al-Quds Internasional alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Sana’a, Yaman.

Untuk itu ia mengajak generasi muda di daerah-daerah berpartisipasi dalam perjuangan Al-Aqsa melalui Kantor Berita MINA.

Ia menambahkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh generasi muda di daerah-daerah, di antaranya menjadi wartawan MINA, atau menjadi koresponden di daerah-daerah atau minimal menjadi pembaca setia MINA dan pegiat media sosial yang menyebarluaskan berita-berita dan artikel-artikel MINA ke berbagai komunitas.

“Ke depan MINA juga akan menggali potensi-potensi ekonomi, produk-produk lokal, destinasi wisata, kuliner dan berbagai sektor kegiatan di daerah,” lanjutnya.

MINA yang memiliki jaringan di beberapa kedutaan besar di Jakarta, kedubes Indonesia di luar negeri, komunitas pengusaha, pejabat, ormas dan tokoh masyarakat mengangkat isu-isu daerah tersebut untuk disampaikan ke mereka, dalam bahasa Inggris dan Arab.

MINA juga dapat menyelenggarakan training-training jurnalistik di sekolah, kampus dan instansi, yang dikoordinir oleh Biro MINA di daerah-daerah.

Harapannya, generasi muda peserta training dapat aktif berperan serta mengembangkan MINA sebagai media perjuangan Al-Aqsa sekaligus memberdayakan potensi masyarakat di daerah.

Training Menulis Bagi Generasi Muda (Syubban Fatayat) dilaksanakan Ahad-Senin, 27-28 Februrai 2022, bertepatan dengan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan Pekan Al-Quds Internasional.

Training dihadiri 35 peserta dari kalangan pelajar SMA, mahasiswa dan asatidz. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.