Rusia dan Pasukan Haftar Mundur dari Garis Depan Tripoli

Ilustrasi: jet tempur Rusia. (Foto: Michael Golenkov / RIA Novosti)
Ilustrasi: jet tempur Rusia. (Foto: Michael Golenkov / RIA Novosti)

Bani Walid, Libya, MINA – Pasukan Rusia di Libya diterbangkan ke sebuah kota di selatan oleh sekutu Libya mereka pimpinan Jenderal Khalifa Haftar mundur dari garis depan di ibu kota Tripoli.

Kepergian Rusia yang dilaporkan pada Ahad (24/5) adalah pukulan lain bagi Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan komandan militer timur Haftar dan sekutu-sekutunya di luar negeri.

Pemerintah Turki diakui PBB dan didukung Turki meraih kemenangan belakangan ini. Pemerintah ini menguasai ibukota Tripoli.

Rusia yang bersekutu dengan LNA mundur dengan peralatan berat mereka dari ibu kota ke bandara Bani Walid, sebuah kota sekitar 150 km (93 mil) tenggara Tripoli, kata Wali Kota Bani Walid Salem Alaywan, demikian dikutip dari Al Jazeera.

Dia mengatakan kepada kantor berita Reuters, milisi Rusia diterbangkan dari Libya barat ke Jufra, sebuah distrik terpencil dan markas LNA.

“Mereka diterbangkan dengan tiga pesawat militer ke Jufra dan kendaraan militer mereka dibawa ke sana,” katanya.

Juru Bicara LNA Ahmed Mismari membantah ada orang asing yang bertempur dengan pasukannya.

Namun, kehadiran Rusia telah banyak didokumentasikan oleh para diplomat dan jurnalis. Foto yang konon menunjukkan beberapa orang Rusia duduk di truk di Bani Walid diunggah di media sosial. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.