Sekjen PBB Tekankan Kerja Sama, Dialog untuk Perdamaian Global

Sekjen PBB Tekankan Kerja Sama, Dialog untuk Perdamaian Global (foto: TV One)

New York, MINA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menekankan, kerja sama dan dialog adalah satu-satunya jalan ke depan untuk menjaga perdamaian global.

“Tidak ada kekuatan atau kelompok saja yang dapat mengambil keputusan,” kata Guterres saat berbicara di pembukaan high level week, Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9) seperti dikutip dari Al Jazeera.

Guterres pun menunjukkan foto kapal carteran PBB pertama yang membawa gandum dari Ukraina ke wilayah Tanduk Afrika, tempat jutaan orang berada di ambang kelaparan.

“Mari kita bekerja sebagai satu, sebagai koalisi dunia, sebagai negara-negara bersatu,” tegasnya.

“Perbedaan antara negara maju dan berkembang, antara Utara dan Selatan, antara yang istimewa dan yang lainnya, menjadi lebih berbahaya dari hari ke hari,” tambah Guterres.

Menurutnya, akar dari ketegangan geopolitik dan kurangnya kepercayaan inilah yang meracuni setiap bidang kerja sama global, mulai dari vaksin hingga perdagangan.

High level week atau yang biasa dikenal dengan debat terbuka merupakan pertemuan dan juga pidato dari kepala negara atau pemerintahan seluruh anggota PBB yang hadir di depan majelis. Tahun ini akan berlangsung pada 20 hingga 26 September 2022 mendatang.

Tahun ini, debat terbuka digelar sepenuhnya normal seperti sebelum pandemi COVID-19. Hampir dari seluruh kepala negara atau pemerintah dari 193 negara anggota PBB hadir secara fisik. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)