TAHANAN PALESTINA ALAMI PENYIKSAAN DALAM PENJARA ISRAEL

PCHR : Tahanan Gaza alami Penyiksaan dlam Tahanan Israel (Foto : Maan)
: Tahanan Gaza alami Penyiksaan dlam Tahanan Israel (Foto : Maan)

Bethlehem, 22 Dzulqa’dah 1435/17 September 2014 (MINA) – Kelompok Pusat Palestina untuk Hak Asasi Manusia (PCHR) menegaskan, sedikitnya empat warga Palestina yang ditangkap selama serangan Israel di Gaza menjadi sasaran “penyiksaan” selama masa tahanan mereka.

Para pengacara menegaskan, para tahanan mengalami berbagai bentuk penyiksaan selama dalam penjara. Ini termasuk pemukulan dan diikat diantara dua kursi selama berjam-jam, kurang tidur, dan tekanan psikologis.

Menurut data PCHR, pasukan Israel menangkap puluhan warga sipil Palestina di Tepi Barat selama serangan di Jalur Gaza, demikian laporan Maan News Agency diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Sementara 4 tahanan dibebaskan 26 lainnya tetap dalam tahanan dan didakwa sebagai anggota kelompok bersenjata.

Menurut hukum internasional, anggota kelompok perlawanan Palestina tidak boleh ditahan oleh Israel karena mereka sedang memperjuangkan hak-haknya.

Pada Agustus lalu, Kementerian Palestina unrusan Tahanan mengatakan, 200 warga Palestina telah ditahan selama perang Gaza.

Informasi penting tentang para tahanan tidak tersedia, dan kementerian menuduh pemerintah Israel menyembunyikan nama para tahanan dan keberadaannya.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan, pada saat itu bahwa para tahanan dipindahkan ke badan intelijen Shin Bet untuk diinterogasi.

Pada 9 September, seorang tewas setelah sebelumnya sempat dilarikan ke rumah sakit, diduga keras sebelumnya disiksa.

kepala departemen urusan tahanan, Issa Qaraqe mengatakan, Raed al-Jabari (35) meninggal setelah mengalami pemukulan di kepalanya. Otopsi juga menunjukkan bahwa perdarahan internal dan gegar otak adalah penyebab kematiannya.

Namun, juru bicara Layanan Penjara Israel menyatakan al-Jabari gantung diri di penjara Eshel. (T/P002/R03)

 Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0